12 September 2019

by Bambang Winarso

5 Tool Riset Trending Topik di Media Sosial

Menemukan tren jadi jauh lebih mudah dan cepat

Konten kreator, blogger dan buzzer dituntut untuk selalu up to date dengan segala informasi dan fenomena yang terjadi di sekitarnya. Tapi dengan segala kesibukan dan fokus yang mungkin teralihkan, sangat mungkin Anda kehilangan momentum.

Sehingga untuk bisa terus mencium tren di media sosial, Anda butuh alat tambahan yang tidak sebatas memudahkan proses penemuan tren tapi juga memberi akses ke data, fitur dan fungsi-fungsi pendukung lainnya. Berikut kami suguhkan 5 tool riset untuk menemukan trending topik di media sosial.

Trendsmap

Alat yang pertama ini akan memberi tahu Anda trending topik sosial media Twitter berdasarkan lokasi pengguna. Jadi Anda bisa mengetahui informasi trending topik terbaru di setiap wilayah di Indonesia. Alat ini sebenarnya gratis, Namun Anda juga bisa beralih ke premium untuk mendapat fasilitas lainnya.

EpicBeat

EpicBeat ini ditujukan untuk penulis yang ingin mencari konten viral dan trending topik di media sosial. Di tool ini, Anda juga bisa mencari influencer yang paling berpengaruh di media sosial. Selain itu EpicBeat  memiliki fitur yang dapat mengukur konten tertentu dengan gaya penulisan yang paling diminati oleh pembaca.

Google Trends

Sesuai dengan namanya, Google Trend memberitahu Anda tentang informasi apa saja yang paling banyak diminati di Google. Google Trend melaporkan hal tersebut berdasarkan pencarian alami yang dilakukan oleh pengguna Google di seluruh dunia.

Saat Anda membuka tool Google Trend, Anda bisa langsung melihat beberapa fitur dengan daftar topik yang lagi trend selama 24 jam terakhir. Anda juga dapat menelusuri minat pada topik tersebut dari waktu ke waktu dan bagaimana minatnya di setiap wilayah geografis.

Buzz Sumo

Buzz Sumo adalah alat pencarian trending topik terbaik dan terlengkap. Namun dengan segala kelengkapannya, Buzz Sumo ini tidaklah gratis, namun harus membayar sebesar $99 per bulannya. Dengan biaya tersebut, Anda bisa mendapatkan fitur View Share dimana Anda bisa melihat siapa saja yang membagikan konten tertentu serta Trend Now dimana Anda bisa mengidentifikasi konten apa yang berpotensi viral.

Hashtagify

Hastgaify ini melacak apa yang  sedang trending topik di Twitter berdasarkan penggunaan hastag. Jika Anda memasukkan suatu topik, maka akan muncul beberapa hastag yang salah satunya adalah hastag yang paling banyak muncul. Alat ini gratis digunakan, namun jika ingin menggunakan fitur lainnya, harus membayar dahulu sebesar $9.9 per bulan.

Demikian informasi mengenai 5 tools yang bisa membantu Anda mencari apa yang sedang trending topik di media sosial. Semoga membantu.

Gambar header Pixabay.