23 December 2019

by Bambang Winarso

6 Aplikasi Android dan iOS yang Bikin Liburan Anda Makin Mudah

Beberapa kebutuhan liburan bisa diakses dari smartphone

Traveling lebih dari sekedar berkunjung ke tempat baru dan bersantai. Untuk dapat menikmati liburan, sobat memerlukan banyak persiapan, bekal informasi, kemampuan bersosialisasi yang artinya sobat harus pintar berbicara dengan orang asing, transportasi dan juga gadget pastinya.

Soal gadget saya yakin sobat sudah punya di kantong masing-masing. Tapi bagaimana dengan informasi tempat yang dituju, penginapan, cuaca di sana, tiket penerbangan dan informasi lainnya? Nah, oleh karena itu sobat perlu yang namanya aplikasi yang mendukung setiap aktivitas baik sebelum dan selama perjalanan. Singkat kata, ini adalah 6 aplikasi traveling untuk sobat pemegang perangkat Android ataupun iOS.

Traveloka

Tanpa tiket dan penginapan yang sudah disiapkan, perjalanan Anda bisa-bisa berujung pada kegagalan. Aplikasi Traveloka memastikan dua hal ini dapat Anda akses dengan mudah, semudah menggerakkan jari ke layar smartphone.

Melalui aplikasi ini sobat dapat memesan tiket pesawat sekaligus kamar penginapan di tempat yang dituju. Bukan asal rekomendasi, Traveloka memberikan penawaran terbaik sesuai dengan budget Anda.

Download: AndroidiOS - Web

Skyscanner All Flights!

Alternatif penerbangan murah bisa didapat dari aplikasi Skyscanner ini. Aplikasi akan memberikan informasi harga tiket dari beberapa maskapai ternama dunia. Dari informasi itulah sobat dapat membuat keputusan akhir.

Download: Android - iOS

Google Maps

Setiap harinya tempat-tempat wisata di dunia terus berkembang, tidak berpindah memang tapi percayalah sobat akan kesulitan menemukan tempat yang terakhir kali dikunjungi 5 tahun yang lalu. Akan ada jalan-jalan dan bangunan baru, sehingga nekad pergi tanpa panduan bukanlah ide yang bagus.

Google Maps bisa jadi solusi tepat dan cepat. Aplikasi mampu memberikan navigasi ke tempat-tempat populer langsung di ponsel atau tablet sobat. Jika masih bingung dengan petunjuk peta yang diberikan, manfaatkan fitur navigasi jalan dengan petunjuk suara.

Download: Android - iOS

Google Translate

Khusus bagi Anda yang punya rencana bepergian ke luar negeri, aplikasi Google Translate wajib dipasang ke smartphone dan tablet. Apalagi jika tempat yang Anda tuju tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Untuk jaga-jaga jika butuh bantuan penduduk lokal atau bingung dengan plakat petunjuk jalan.

Download: Android - iOS

Zomato - Restaurant Finder

Sedangkan untuk urusan perut, Anda bisa memasang aplikasi Zomato yang memiliki koleksi restoran terbaik hampir di seluruh dunia. Guna menilai seberapa baik restoran yang hendak Anda tuju, baca juga review dari pengunjung sebelumnya.

Download: Android - iOS

Yahoo Weather

Cuaca termasuk salah satu perusak kesenangan para travelers. Agar Anda dapat meminimalisir gangguan, aplikasi Yahoo Weather bisa jadi alat bantu memprediksi cuaca atau mendapatkan informasi cuaca terkini di tempat yang dituju.

Download: Android - iOS

Yahoo Weather jadi rekomendasi terakhir redaksi. Keenam aplikasi di atas dapat Anda unduh secara gratis untuk memuluskan liburan Anda akhir tahun ini. Happy holiday ya.