Keuntungan mendasar usaha pengembangan diri

6 Keuntungan Mendasar Usaha Pengembangan Diri

Kunci keberhasilan adalah kemampuan untuk mengelola diri sendiri dalam berbagai situasi
Kemampuan yang datang melalui pengembangan diri adalah mengatasi segala situasi yang tak enak dengan elegan / Flickr
Kemampuan yang datang melalui pengembangan diri adalah mengatasi segala situasi yang tak enak dengan elegan / Flickr

Alasan orang menempatkan pengembangan diri bukan prioritas karena hasilnya tidak selalu terukur apalagi terlihat. Namun, perlu disadari bahwa kunci keberhasilan adalah kemampuan untuk mengelola diri sendiri dalam berbagai situasi yang tidak nyaman. Kemampuan tersebut didapat melalui pengembangan diri yang baik.

Pengembangan diri adalah tentang meluangkan waktu, membuat komitmen untuk berinvestasi kepada sumber daya terbesar yang Anda miliki. Melalui pengembangan diri memungkinkan Anda untuk menjadi pribadi yang  proaktif.  Anda bukan termasuk pribadi yang menunggu hal-hal baik terjadi, tetapi berusaha untuk mewujudkannya. Mungkin, Anda tidak selalu berhasil, tetapi Anda akan mengalami kehidupan yang lebih kaya dan lebih bermanfaat ketika memutuskan untuk berkomitmen dalam mengejar tujuan hidup.

Sebenarnya, meski sering sekali orang beranggapan bahwa upaya pengembangan diri tidak dapat diukur hasilnya. Namun, ada enam manfaat inti yang akan diraih:

Kesadaran diri yang murni

Saat Anda merasa membutuhkan pengembangan diri, yang pertama akan terbangun adalah kesadaran diri Anda. Tahap ini, Anda akan berusaha untuk lebih mengenal diri lebih baik. Anda akan tertarik untuk melakukan kaji ulang terhadap nilai yang dipegang teguh, keyakinan, dan tujuan hidup yang ingin diraih.

Jika ingin mencapai kebahagiaan sejati (kebahagian yang datang dari dalam), Anda perlu merancang kehidupan berdasarkan pribadi Anda yang sebenarnya. Kemudian Anda dapat mengejar tujuan dan sasaran Anda sendiri. Ketika mengejar tujuan Anda sendiri, akan ada banyak kesenangan yang akan diperoleh dari prosesnya. Kesadaran diri adalah langkah mendasar pertama dalam proses pengembangan diri.

Arah hidup yang lebih jelas

Setelah memiliki kesadaran diri yang baik, Anda akan mendapatkan gambaran lebih jelas tentang hal yang ingin dicapai dalam hidup. Proses pengambilan keputusan menjadi jauh lebih mudah. Segala tugas yang biasanya menguras banyak waktu Anda, tidak ada lagi. Anda menyadari, jika sesuatu tidak membawa Anda bergerak ke arah tujuan yang ditetapkan berarti tidak layak untuk dilanjutkan.

Peningkatan fokus dan efektivitas

Seperti dikatakan pengembangan diri akan memberikan Anda gambaran akan  kejelasan arah hidup. Namun, meski saat ini Anda sudah tahu tujuan yang ingin dicapai, akan selalu ada beberapa hal mencuri perhatian. Mengalihkan Anda dari peta sukses yang sudah dibuat.

Biar bagaimana pun, saat meningkatkan pengembangan diri menjadi prioritas Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi tugas yang akan memberikan hasil terbaik dengan sumber daya yang tersedia untuk Anda pada saat itu. Peningkatan fokus dan efektivitas datang dengan mengetahui dengan pasti kekuatan Anda.

Memiliki sumber motivasi yang tak pernah kering

Ketika Anda tahu yang ingin dicapai, lebih mudah untuk melihat manfaat dari mengambil tindakan. Bahkan ketika tugas di depan mata tidak menyenangkan, Anda lebih termotivasi untuk mengambil tindakan yang diperlukan. Ada kebenaran dalam pepatah lama ‘Di mana ada kemauan pasti ada jalan’. Dengan pengembangan diri yang kuat, artinya juga mengembangkan kemauan diperlukan.

Ketahanan diri yang lebih besar

Akan ada masa-masa sulit dalam hidup. Ketika masa-masa sulit itu datang, Anda akan memiliki keterampilan, dan atribut untuk menangani masalah secara efektif.

Pengembangan diri tidak bisa mencegah semua hal buruk terjadi tetapi akan membantu Anda berurusan dengan masa sulit jauh lebih mudah. Anda akan memiliki keyakinan yang lebih besar, ketahanan diri lebih kuat, dan keterampilan interpersonal yang baik untuk mengatasi segala kemungkinan.

Memiliki hubungan dalam hidup yang lebih memuaskan

Setiap relationship (hubungan) seperti pedang bermata dua. Pertalian dengan orang lain, dapat membantu Anda ke arah lebih baik atau menyeret Anda dalam kegagalan. Ketika Anda meningkatkan pengembangan diri, Anda akan lebih mampu untuk melihat hubungan yang berharga serta memangkas yang tidak.

Jika Anda tidak suka kepada drama yang tidak penting dalam keseharian, pengembangan diri yang baik jalan keluarnya. Anda akan mampu mencium gejalanya dari jarak jauh, asyiknya Anda pun terbebas dari situasi tidak penting yang melelahkan mental.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Tips
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…