Categories

Gadget

7 Alasan Huawei Nova 7 Patut Disoroti di Segmen Smartphone Kelas Menengah

Sangat kompetitif di harga Rp6.899.000

Glenn Kaonang - 28 September 2020

Huawei Nova 7 resmi menyapa konsumen tanah air pada bulan Juli kemarin. Penerus Nova 5T itu datang membawa sejumlah pembaruan yang signifikan selagi masih mempertahankan harga yang cukup kompetitif.

Redaksi DailySocial cukup terkesan setelah menguji smartphone yang dijual seharga Rp6.899.000. Populasi perangkat di segmen ini memang bisa dibilang cukup tinggi, akan tetapi Nova 7 punya sejumlah daya tarik yang bisa memikat konsumen, terutama kalangan muda-mudi.

Buat yang belum sempat membaca ulasan lengkapnya, izinkan di artikel ini untuk menjabarkan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh Huawei Nova 7.

Desain premium

Dilihat sepintas, sulit menemukan perbedaan antara Nova 7 dan Nova 5T, dan ini sebenarnya merupakan hal yang positif mengingat desain Nova 5T memang sudah tergolong sangat premium di kelasnya. Meski mengandalkan rangka yang terbuat dari logam, bobotnya ternyata cukup ringan di angka 180 gram, dan tebal perangkat pun juga tidak lebih dari 7,96 mm.

Seperti yang bisa kita lihat, layarnya mengadopsi model hole-punch dengan lubang kamera yang kecil di ujung kiri atas. Bezel bawah yang tersisa sangatlah tipis, dan rasio screen-to-body Nova 7 mencapai angka 86,3%.

Layar OLED dengan sensor sidik jari terintegrasi

Huawei Nova 7

Bicara soal layar, di sinilah Huawei telah menerapkan upgrade besar. Panel yang digunakan bukan lagi LCD, melainkan OLED yang lebih kaya warna, dan yang memungkinkan Huawei untuk menyematkan sensor sidik jari di baliknya. Layar ini memiliki bentang diagonal 6,53 inci, dengan resolusi 2400 x 1080 pixel.

Kamera depan anti-mainstream

Saya bilang anti-mainstream karena di saat ponsel kelas menengah lain menawarkan kamera depan yang mampu merekam video dalam resolusi maksimum 1080p, Nova 7 malah sanggup merekam di resolusi 4K. Sesi narsis di malam hari pun juga bukan masalah buat kamera 32 megapixel f/2.0 ini, sebab ia turut dilengkapi fitur night mode berbasis AI.

Kamera belakang lengkap

Huawei Nova 7

Beralih ke kamera belakang, konsumen bakal menjumpai empat modul yang berbeda. Modul utamanya merupakan kamera 64 megapixel f/1.8 dengan sensor berukuran 1/1,7 inci. Selanjutnya, ada kamera ultra-wide dan kamera telephoto yang mendukung hybrid zoom 5x, masing-masing dengan sensor 8 megapixel dan lensa f/2.4. Melengkapi semua itu, ada kamera 2 megapixel untuk fotografi makro.

Fitur-fitur wajib seperti night mode tentu hadir sebagai standar, demikian pula image stabilization saat sedang merekam video beresolusi 4K. Kalau mau lebih kreatif lagi, ada mode khusus untuk merekam video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Performa kencang dan 5G-ready

Chipset Kirin 985 yang tertanam pada Nova 7 tak hanya mewujudkan konektivitas 5G, tapi juga mampu menyuguhkan performa CPU maupun GPU yang lebih baik dibanding milik pendahulunya. Dipadukan dengan RAM berkapasitas 8 GB, nyaris semua game dapat ia jalankan dengan lancar di 60 fps.

Secara teknis, Nova 7 sudah siap tersambung ke jaringan 5G. Namun berhubung di Indonesia belum tersedia, untuk sementara dukungan 5G masih dikunci pada ponsel ini, dan baru akan dibuka saat jaringan 5G sudah beroperasi secara resmi di tanah air. Well, setidaknya konsumen Nova 7 bisa lebih lega mengetahui ponselnya siap move on ke 5G kapan saja jaringannya telah tersedia.

Baterai awet dan mendukung fast charging

Huawei Nova 7

Di atas kertas, Nova 7 mengemas baterai dengan kapasitas 4.000 mAh, dan hasil pengujian DailySocial sendiri menunjukkan bahwa perangkat ini mampu tahan sampai lebih dari 14 jam ketika dipakai untuk memutar video full-HD secara nonstop. Lebih lanjut, proses pengisiannya juga sangat cepat berkat dukungan fast charging 40 W.

EMUI 10.1 dengan Petal Search

Antarmuka EMUI 10.1 yang Nova 7 jalankan sudah memakai Android 10 sebagai basisnya. Bukan cuma itu, versi ini menghadirkan fitur cerdas bernama Petal Search, yang dapat digunakan untuk mencari dan mengunduh aplikasi yang belum tersedia pada Huawei AppGallery secara mudah. Proses update aplikasi pun juga tidak kalah simpel dan dapat dilakukan langsung dengan Petal Search.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Huawei.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter