29 April 2015

by Bambang Winarso

7 Aplikasi Edukasi Android untuk Anak

Anak-anak zaman sekarang masih kecil sudah paham lho yang namanya gadget seperti smartphone atau tablet. Di berbagai kesempatan dengan mudah kita jumpai anak berusia dini mahir memainkan gadget, yang pada umumnya memang sekedar bermain game atau menjalankan aplikasi.

Gadget selain berguna untuk bermain bisa juga jadi media belajar. Sebagai orang tua kita harus lebih pintar dan bijak. Pinjamkan mereka gadget tapi dengan aplikasi atau game yang memuat konten-konten bermanfaat, mendidik dan merangsang daya pikir mereka. Ada nggak sih aplikasi yang seperti itu? Ada, ini beberapa pilihannya:

Marbel Belajar Warna

Belajar mengenal warna penting untuk dimulai sejak dini. Tapi karena anak di bawah lima tahun sulit diajak belajar yang serius, Anda bisa menggunakan aplikasi buatan anak bangsa ini. Di dalamnya sudah sangat lengkap, ada permainan ringan dan juga disertai suara untuk menarik minat anak.

Info Menarik:7 Aplikasi Resep Masak Android untuk Ibu Muda

ABC Belajar Membaca

Aplikasi ini cocok untuk anak yang sudah mulai belajar mengenal huruf dan mengeja. Aplikasi ini akan memberikan semacam permainan sederhana yang menyenangkan. Cara belajar menggunakan aplikasi semacam ini sangat efektif untuk menumbuhkan minat belajar anak.

Marbel Belajar Menulis

Menulis dan membaca biasanya dua kemampuan yang selalu diasah oleh guru di sekolah tingkat kanak-kanak. Anda bisa memberikan pembelajaran tambahan melalui cara yang berbeda melalui aplikasi ini. Anak akan diajak bermain menulis mulai dari angka atau huruf, anak boleh memilih sesuai keinginannya.

Belajar Bahasa Inggris Anak

Sesuai namanya, aplikasi ini mengajarkan pendidikan bahasa Inggris untuk anak-anak. Ada empat topik pembelajaran yang ditawarkan, mulai dari belajar mengenal benda-benda dalam bahasa Inggris sampai menuliskan huruf dan angka.

Paket Belajar Lengkap

Berbeda dengan aplikasi edukasi anak lainnya, aplikasi buatan ABC Education Studio mempunyai banyak sekali pilihan. Sesuai dengan nama yang diusung. Anak dapat mengenal huruf, menulis, membaca, mengenal huruf hijaiyah dan termasuk pembelajaran iqra.

Info Menarik:Aplikasi Android Pilihan 20 – 26 April 2015

Marbel Belajar Shalat

Shalat merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh anak, terutama yang beragama Islam. Di banyak sekolah formal, pendidikan shalat juga diajarkan. Lewat aplikasi simple ini Anda dapat memperkenalkan gerakan-gerakan shalat lebih dini ke anak.

Belajar Berhitung Anak

Selain huruf, angka, warna, dan kemampuan lainnya. Ada satu lagi kemampuan yang harus dimiliki anak, yakni berhitung. Aplikasi ini menawarkan cara belajar yang lebih menyenangkan, dimana anak akan diajak bermain misalnya dengan permainan menemukan objek tertentu dan menghitung jumlahnya.