7 Aplikasi Lirik Lagu Android Terbaik Offline, Wajib Coba!

Mendengarkan lagu tentu kurang lengkap kalau belum tahu liriknya!

Ketika kita mendengarkan lagu untuk pertama kalinya, tidak mungkin langsung ingat isi lagu keseluruhan, apalagi memaknainya. Ikut bersenandung sambil membaca lirik saat musik terdendang adalah cara agar kamu bisa segera hafal lagu yang kamu sukai tersebut.

Tau gak sih, bahwa sekarang di smartphone sendiri terutama android sudah tersedia berbagai aplikasi yang bahkan dapat terintegrasi dengan audio yang kamu putar secara otomatis. Paling penting, aplikasi ini tidak perlu menggunakan data internet sehingga kamu bisa menikmati isi lagu kapanpun kamu mau.

Terlepas dari berbagai kekurangan dan kelebihan dari banyaknya aplikasi lirik lagu offline yang tersedia, berikut DailySocial.id berikan rekomendasi aplikasi terbaik, harus banget dicoba!

Musixmatch – Lyrics & Music

MusixMatch yang memudahkan penerjemahan lirik lagu (Google Play)

MusixMatch menjadi salah satu aplikasi musik dengan koleksi lirik lagu yang sangat besar dan telah dinduh lebih dari 50 juta kali di Google Playstore. Aplikasi ini juga dapat tersinkronisasi secara instan pada aplikais musik lainnya seperti Spotify, YouTube, Pandora, dan lain-lain.

Tak hanya menyediakan lirik lagu, MusixMatch juga bisa membantu penggunanya melakukan terjemahan lirik lagu yang ada. Aplikasi ini juga dapat mengidentifikasi dan mendapatkan lirik lagu yang sedang dimainkan hanya dengan sekali sentuhan. Jika pengguna hanya mengingat satu bait lirik pun, aplikasi ini dapat mencarikannya.

Untuk penggunaan maksimal bebas iklan, sayangnya pengguna harus mendaftarkan versi premium. Jika tidak, fitur terjemahan tidak berfungsi dan rekomendasi lagu-lagu yang mungkin bukan selera pengguna terus bermunculan.

Shazam

Shazam sebagai salah satu aplikasi musik populer saat ini (Google Play)

Bisa dibilang saat ini Shazam menjadi salah satu aplikasi identifikasi musik yang popular. Unduhan di Google Playstore sendiri sudah mencapai 500 juta pengguna dengan rating 4.8. Shazam sendiri mengklaim dapat melakukan pencarian berdasarkan penyanyi, lirik lagu, daftar putar dimana seluruh gratis dan sudah menghimpun lebih dari 1 miliyar data lagu yang akan terus terupdate.

Tentunya aplikasi yang dapat digunakan secara offline ini juga dapat melakukan tugasnya dalam membantu mengidentifikasi lagu bahkan ketika pengguna menutup tampilan desktop. Shazam sudah dapat terintegrasi dengan beberapa aplikasi musik yaitu Spotify, Apple Music, dan Youtube, bahkan TikTok dan Instagram.

Bagi pendengar lagu populer mungkin aplikasi ini menyenangkan, namun jika kamu penggemar lagu unpopuler maupun indie aplikasi ini masih kesulitan dalam memunculkan pencariannya.

Genius

Genius yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi musik (Google Play)

Genius mengklaim sebagai kolektor lirik lagu dan sumber berbagai informasi perihal music terbesar. Menghimpun lebih dari 1,7 miliyar lagu dan telah 5 juta kali diunduh di Google Playstore. Aplikasi ini juga bisa menyesuaikan dengan aplikasi pemutar musik yang digunakan penggunanya.

Pengguna cukup menahan layar berisi tampilan aplikasi musik setelah mengunduh Genius, dan memilih tombol soundwave (didukung ACRCloud) maka lirik akan muncul. Sayangnya iklan pada aplikasi ini terbilang sering muncul yang mungkin dapat mengganggu pengguna.

ALSong – Music Player &Lyrics

ALSong sebagai aplikasi lirik lagu yang perhatian dengan penggunanya (Google Play)

ALSong adalah pemutar music yang menyediakan file playback dan lirik tersinkronisasi secara real-time dan telah diunduh sebanyak 10 juta kali. ALSong akan menyimpan lirik lagu selama 30 hari ke depan secara offline setelah pengguna memutar lagu pada aplikasi melalui ponsel yang terhubung dengan internet.

Menariknya, jika lirik lagu yang diinginkan belum tersedia maka pengguna diperkenankan mengajukan registrasi lagu bahkan mengedit yang sudah terregistrasi. Meskipun pengguna menjalankan aplikasi lain, fitur lirik dari aplikasi ini tetap muncul di layar ponsel ketika terkunci.

Namun pengguna harus memastikan lagu yang diputar sudah tersimpan di perangkatnya jika ingin memunculkan lirik lagu tersebut.

GOM Audio – Music, Podcast, Streaming

GOM Audio tak hanya menyedia lirik lagu, namun juga kumpulan podcast (Google Play)

GOM Audio sebagai pemutar music berkualitas tinggi telah mendukung sinkronisasi lirik dengan music yang diputar. Lirik yang tersinkron dengan ritme musik membuat pengguna bisa menikmati sambil mengikuti lagu dengan nyaman. Aplikasi ini bahkan juga memiliki fitur pemutar dan unduhan podcast populer dan Cloud music.

GOM Audio sudah mendukung aplikasi penyimpanan seperti DropBox dan Google Drive cloud, serta WebDAV dan FTP. Kemudian ada fungsi “Timer” dimana pengguna bisa mengatur aplikasi kapan akan dinon-aktifkan.

Jika pada aplikasi musik lain mereka akan munucl di kotak notifikasi ketika sedang di jalankan, GOM Audio belum demikian. Pengguna masih harus membuka ikon aplikasi terus-terusan.

QuickLyric – Instan Lyrics

QuicklyLyric siap menemanimu karaokean gratis (Google Play)

QuickLyric mengklaim dari banyaknya aplikasi yang bisa saja menganggu aktifitas pengguna karena notifikasi yang tidak penting ataupun pencarian yang rumit, maka hal ini tidak akan terjadi pada aplikasi ini.

Atas perhatian bagi penggunanya ini, QuickLyric bisa mnejadi aplikasi lirik lagu yang menyenangkan dengan kemudahan akses offline dan mendukung sinkronisasi (karaoke). Serta dapat dengan cepat mendownload seluruh lirik berdasarkan aplikasi pemutar music yang digunakan pengguna.

Jika beberapa aplikasi bisa secara otomatis mengganti lirik mengikuti pergantian lagu, QuickLyric masih mengharuskan manual.

Lyrics Mania - Music Player

Lyrics Mania sebagai aplikasi musik terpadu (Google Play)

Lyrics Mania memungkinkan pengguna mendengarkan musik tanpa perlu pusing mencari liriknya. Ketika aplikasi terpasang, secara otomatis notifikasi berisi lirik lagu dari musik yang terputar akan hadir.

Beberapa aplikasi musik seperti Google Play Music, Spotify, dan lainnya juga dapat terintegrasi. Lyrics Mania sudah menyimpan jutaan database lagu untuk memudahkan para penggunanya menikmati lagu sambil bersenandung.

Namun beberapa pengguna mengeluhkan integrasi pada beberapa aplikasi musik tersebut seringkali tidak sinkron ketika digunakan. Pengguna masih harus melakukan pencarian lirik secara manual.

Referensi

Sumber gambar header : Unsplash

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again