MSME Tutorial

7 Layanan Cloud Kitchen di Indonesia, Tingkatkan Profit Bisnis Kuliner

Seiring dengan tren food delivery atau pesan antar makanan secara online yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Layanan cloud kitchen atau restoran berbasis komputasi awan hadir mewarnai pasar bisnis kuliner di Indonesia.

Cloud kitchen atau dapur awan, yang dikenal juga sebagai ghost kitchen ini merupakan dapur atau restoran virtual yang beroperasi hanya untuk layanan pengiriman kuliner. Lain dengan restoran konvensional pada umumnya, cloud kitchen tidak melayani makan langsung di tempat.

Tingginya permintaan pasar saat ini, turut mendorong pertumbuhan layanan cloud kitchen. Ada pun beberapa layanan cloud kitchen yang ada di Indonesia saat ini, akan dipaparkan pada pembahasan berikut.

Daftar Cloud Kitchen di Indonesia

Bagi pelaku bisnis kuliner yang tertarik bergabung dengan bisnis kuliner, dapat memanfaatkan layanan yang disediakan oleh beberapa unit bisnis, antara lain:

1. Kitchen by GrabFood

Kitchen by GrabFood atau GrabKitchen ini adalah layanan dapur bersama yang disediakan oleh salah satu perusahaan teknologi terbesar yang ada di Indonesia, yakni Grab. GrabKitchen ini menjadi suatu bentuk ekspansi GrabFood melalui cloud kitchen.

GrabKitchen hadir dengan misi menyatukan pelaku bisnis kuliner dalam sebuah fasilitas terpusat, untuk memenuhi permintaan pelanggan. Layanan ini juga membantu pelaku bisnis kuliner menjangkau lingkup bisnis yang lebih luas, dengan hadir di wilayah-wilayah yang belum terpenuhi.

2. Dapur Bersama GoFood

Dapur Bersama GoFood merupakan layanan dapur awan yang diinisiasi oleh Gojek, berupa ruang kerja yang difasilitasi lengkap untuk mendukung operasional bisnis kuliner dari berbagai jenis restoran dan UMKM kuliner.

Layanan ini terbuka untuk diikuti oleh seluruh pelaku bisnis kuliner, terutama bagi yang telah bergabung di GoFood. Saat ini, Dapur Bersama GoFood telah memiliki 27 outlet yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Medan, Yogya, Solo, Semarang, Malang, Bali, Lampung dan Palembang.

3. Everplate

Sebagai cloud kitchen, Everplate menyediakan fasilitas dapur yang dirancang khusus pesan antar. Everplate memiliki misi membantu pelaku bisnis kuliner melakukan ekspansi di berbagai lokasi strategis, dengan risiko minim dan keuntungan maksimal.

Bagi pelaku bisnis kuliner yang ingin bergabung, Everplate juga membantu mitranya dalam melakukan analisa data, pemasaran brand, serta penambahan saluran penjualan seperti dengan mendaftarkan mitranya di semua platform food delivery.

4. Yummykitchen

Yummykitchen merupakan layanan dapur virtual yang diinisiasi oleh Yummy Corp. Layanan ini memiliki komitmen untuk meningkatkan peluang bisnis kuliner secara online, baik bagi brand ternama maupun pelaku UMKM.

Unit bisnis Yummy Corp satu ini memfasilitasi keperluan dapur secara lengkap, berikut dengan karyawannya, bagi pelaku bisnis kuliner. Hingga kini, YummyKitchen telah memiliki 50 cabang kerja di lebih dari 50 lokasi di Indonesia, seperti di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekaksi, Bandung dan Medan.

5. Hangry

Hangry adalah layanan dengan konsep restoran virtual yang berkomitmen menjadi one-stop-solution bagi konsumen bisnis kuliner. Layanan ini menyediakan kemudahan bagi konsumen pelaku bisnis kuliner sebagai mitra, agar dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi.

Hingga kini, Hangry telah memiliki 73 outlet di seluruh Indonesia. Dapur awan ini sendiri telah bekerja sama dengan beberapa brand kuliner lokal seperti Moon Chiken, San Gyu, Dari Pada, dan Ayam Koplo.

6. Eden Kitchens

Eden Kitchens merupakan cloud kitchen yang berlokasi di Jakarta. Fasilitas yang disediakan oleh cloud kitchen satu ini dilengkapi dengan peralatan dapur berkualitas tinggi, keamanan, pemeliharaan dan kebutuhan operasional lainnya.

Berbeda dengan cloud kitchen lainnya, Eden Kitchens tidak memungut activation fee ataupun revenue sharing dalam sistem kerja samanya. Hingga kini, Eden Kitchens telah bekerja sama dengan lebih dari 35 mitra bisnis kuliner.

7. Telepot Co-Kitchen

Telepot adalah layanan dengan fasilitas berupa infrastruktur dapur pusat yang membangun restoran virtual bagi pelaku bisnis kuliner melalui aplikasi. Selain dapur dan jasa pengantaran, Telepot juga menyediakan keperluan operasional, konsultansi brand hingga administrasi bisnis. Sama seperti Eden Kitchens, Telepot saat ini baru tersedia di Jakarta.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter