8 Game Open World Terbaik di 2018

8 Game Open World Terbaik di 2018

Mengembangkan game open world menuntut ketelitian, modal serta ambisi, dan inilah delapan judul terbaik di 2018.
Red Dead Redemption 2.
Red Dead Redemption 2.

Tidak semua game perlu mengusung formula open world, tapi arahan ini menunjukkan ambisi besar tim developer dalam membangun dunia permainan, sekaligus menjadi cara sang studio memastikan gamer menikmati karyanya lebih lama. Namun jika keliru melakukannya, open world malah akan membuat game terasa reptitif, hampa, atau membuat bug dan glitch lebih menonjol.

Ada banyak game open world buruk di luar sana, dan satu contoh terkininya ialah Fallout 76, sebuah upaya gagal dalam menggabungkan elemen survival dan coop ke genre single-player RPG yang sudah lama menjadi spesialisasi Bethesda. Hal tersebut menunjukkan betapa sulitnya meracik game berformula ‘terbuka’. Lewat artikel ini, saya ingin mengapresiasi developer-developer yang sukses melakukannya. Inilah delapan judul open world terbaik di tahun 2018:

 

8. Yakuza 6: The Song of Life

PlayStation 4

Kira-kira satu tahun empat bulan setelah tersedia di Jepang secara terbatas, game ketujuh di seri Yakuza (menghitung Yakuza 0) akhirnya bisa dinikmati secara global. The Song of Life meneruskan tradisi gameplay para pendahulunya. Game kembali mengajak Anda bermain sebagai Kazuma Kiryu, dan di sini pemain diminta memandunya menjelajahi Tokyo, Kamurocho, Onomichi, dan Perfektur Hiroshima.

 

7. Forza Horizon 4

PC, Xbox One

Tidak semua game open world terbaik mengedepankan elemen action-adventure. Forza Horizon 4 ialah perwakilan dari genre racing. Skala dan konten adalah aspek yang membuat judul terkini dari spin-off Forza Motorsport itu mendapat banyak pujian. Game menyajikan lebih dari 720 mobil berlisensi, dan mempersilakan Anda berpetualang di daratan Inggris Raya. Forza Horizon 4 bisa dimainkan sendiri atau bersama 71 gamer lain.

 

6. Yakuza Kiwami 2

PlayStation 4

Game Yakuza kedua di daftar ini, dan merupakan remake dari Yakuza 2 yang dirilis 12 tahun silam di PlayStation 2. Permainan dibangun ulang menggunakan engine Dragon, mengusung sistem pertempuran ala Yakuza 6, serta menyuguhkan lagi minigame Cabaret Club ala Yakuza 0. Di sana, Sega juga menambahkan elemen cerita baru untuk mengoreksi plot versi lawasnya yang terasa membingungkan.

 

5. Far Cry 5

PC, Xbox One, PlayStation 4

Far Cry merupakan salah satu franchise yang mempopulerkan game open world, dan di game kelima ini, Ubisoft membawa pemain ke daerah terpencil di Amerika untuk berhadapan dengan kelompok ekstremis agama bersenjata. Selain menghidangkan formula khas Far Cry, developer turut membenamkan aspek role-playing seperti sistem skill, jalan cerita yang bercabang, serta beragam opsi side quest.

 

4. Monster Hunter: World

PC, Xbox One, PlayStation 4

Dunia Monster Hunter: World memang tidak betul-betul terbuka lebar, mengharuskan Anda transit di area hub Astera buat mengakses wilayah berbeda. Namun hal yang paling menakjubkan dari World adalah bagaimana tiap area menyajikan ekosistem hidup lengkap dengan rantai makanan. Masing-masing monster di sana memiliki rutinitas dan karakteristik sendiri, dan sering kali berduel demi memperebutkan teritori.

 

3. Marvel’s Spider-Man

PlayStation 4

Proyek permainan superhero terbaik di era ini terlahir dari keinginan Sony untuk mengembangkan game dari properti punya Marvel. Spider-Man menghadirkan beragam karakter – hero serta villain – yang sudah kita kenal namun disuguhkan dalam jalan cerita yang benar-benar baru. Selain berhasil menghimpun beragam pujian dari gamer, Spider-Man juga menjadi game dengan penjualan tercepat dan terlaris di PS4.

 

2. Assassin’s Creed Odyssey

PC, Xbox One, PlayStation 4, Switch (stream)

Ubisoft telah mencoba berbagai formula dalam mengembangkan seri Assassin’s Creed, beberapa memperoleh respons sangat positf, tapi ada juga yang mengecewakan. Odyssey masuk dalam kategori favorit berkat kayanya konten, dunia permainan super-masif, serta dipresentasikan dengan visual yang begitu indah. Hanya butuh waktu sebentar bagi Anda untuk jatuh hati pada cantiknya kepulauan Yunani dan Kassandra.

 

1. Red Dead Redemption 2

Xbox One, PlayStation 4

Membahas game open world di tahun ini tidak terasa lengkap tanpa menyertakan RDR2, dan alasannya sangat kuat: dunia koboi buatan Rockstar merupakan alam virtual paling detail dan paling kompleks yang bisa Anda jelajahi saat ini. Red Dead Redemption 2 akan selalu memberi kejutan, entah melalui kelakuan NPC dan fauna yang tak terduga (saya menyaksikan sendiri duel maut antara dua rusa jantan) atau lewat misteri serta anomali yang Anda temukan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…