8 Jenis Psikotest Paling Sering Digunakan

Kamu ingin melamar kerja? Biasanya ada psikotest yang akan diujikan, lho. Berikut informasi mengenai jenis psikotes.

Kamu fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan? Biasanya, berbeda perusahaan berbeda juga proses seleksinya. Nah, tidak jarang perusahaan menggunakan tes psikotes dalam merekrut karyawan. Berikut informasi mengenai jenis test psikotest. Dalam menyeleksi pelamar kerja, biasanya perusahaan akan menggunakan seleksi dengan test psikotest. Terutama proses rekrutmen pada seleksi pegawai pemerintah, seperti PNS/BUMN, hingga karyawan pada perusahaan swasta. Ada apa saja, sih jenis psikotest? Berikut informasi mengenai psikotest.

Tes Kemampuan Verbal

Nah, tes jenis ini biasanya digunakan untuk mengukur kecakapan seseorang pada bidang kebahasaan. Tes ini bertujuan untuk mengukur tingkat pendidikan calon pelamar kerja. Walau terlihat mudah, kamu harus teliti dalam menjawabnya agar kamu mendapat skor tinggi pada tes ini. Penalaran, logika dan kecepatan kamu dalam menjawab sangat diuji pada test verbal. Tes verbal meliputi beberapa subtest, antara lain: antonim (lawan kata), sinonim (persamaan kata), analogi (hubungan kata).

Tes Kemampuan Numerik

Tes yang menggunakan angka ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mengenai penalaran berhitung, dan ketelitian. Melalui tes numerik ini, perekrut bisa mengetahui bagaimana kemampuan berpikir secara logis dan cara pelamar mencari solusi untuk menyelesaikan masalah. Pastikan kamu bisa mengelola waktu dalam menjawab tes numerik ya, agar kamu cukup waktu saat menjawab seluruh soal yang ada.

Tes Kemampuan Spasial

Tes kemampuan spasial ini mengandalkan bentuk dua dimensi. Kamu akan diperintahkan untuk mencari potongan gambar dari bentuk pola yang hilang. Variasi soal pada test jenis ini biasanya dengan memutar atau merefleksi pola bentuk. Tes ini terbilang sulit dan memerlukan konsentrasi tinggi. Dalam menjawab ini, pastikan teliti ya!

Tes Kraepelin - Pauli

Tes ini memiliki nama lain, yaitu tes koran. Dikarenakan, soal dari tes ini adalah deretan angka sebanyak selembar koran. Cara menjawabnya adalah, kamu cukup menjumlahkan deretan angka yang tersedia dan mengisi jawabannya di samping angka tersebut. Tes ini mengandalkan konsistensi, ketelitian dan kecepatan dalam menjawabnya.

Tes Menggambar Orang

Draw a Person (DAP) test biasa dikenal dengan tes menggambar orang. Tes menggambar orang ini digunakan pada perekrutan karyawan swasta dan pegawai pemerintah. Jadi, pada test ini kamu akan diberikan satu lembar kertas kosong dengan pensil, kemudian kamu dibebaskan untuk menggambar orang dalam kehidupan sehari-hari. Nah, pada test ini kamu tidak diperkenankan menggunakan alat tulis tambahan, benar-benar hanya mengandalkan sebuah pensil saja.

Tes Wartegg

Pada test wartegg kamu akan diberikan delapan kotak dengan pola berbeda. Cara menjawabnya yaitu kamu melengkapi gambar kecil pada pola yang tersedia. Melalui tes wartegg ini, kamu dibebaskan untuk mengekspresikan dirimu dengan menggambar apapun.

Tes Army Alpha Intelegence

Kamu diharuskan untuk menyelesaikan intruksi untuk menjawab soal pada lembar jawaban yang tersedia. Nah, lembar jawaban kamu berisikan angka dan gambar. Tentu saja variasi soalnya berbeda-beda, menyesuaikan dengan instruksi yang disampaikan. Jadi, pastikan kamu memperhatikan setiap instruksi yang disampaikan ya, agar tidak salah dalam menjawab soal!

Tes Edwards Personal Preference Schedule

Tes jenis ini cukup sering diujikan pada saat melamar pekerjaan. Soal yang diujikan berkaitan dengan kepribadian yang mencerminkan diri. Tes EPPS ini tidak memiliki nilai mutlak salah atau benar. Kamu bisa menjawab dengan memilih jawaban yang tersedia sesuai kepribadianmu.

Nah, pastikan kamu memahami dari setiap jenis test tersebut ya. Kerjakan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again