Baik untuk menikmati game di PC, console ataupun perangkat mobile, aksesori controller modern didesain agar semakin nyaman dan intuitif. Namun cukup banyak veteran dan hardcore gamer di genre fighting tetap lebih memilih ‘sistem kendali tipe klasik’. Itu sebabnya sejumlah perusahaan gaming gear menyediakan aksesori arcade controller/stick.

Ada banyak opsi arcade stick untuk Xbox One dan PlayStation 4, namun sejauh ini perangkat tersebut belum tersedia buat Nintendo Switch. Sebagai perusahaan third-party spesialis aksesori console Nintendo, 8Bitdo terpanggil untuk menyediakannya. Buah dari gagasan itu adalah controller unik bernama NES30, arcade controller berkonsep ‘ultra-compatible‘ yang memadukan rancangan klasik dengan teknologi modern.

8Bitdo NES30 1

NES30 Arcade Stick boleh disebut sebagai inkarnasi dari NES Advantage. Device mempunyai tubuh berbentuk balok, berdimensi 300x226x116mm dengan bobot 1,4-kilogram. Penampilan dan pemilihan warnanya (kombinasi tone abu-abu berbeda, stik hitam dan tombol merah) sudah pasti akan membawa Anda bernostalgia ke era NES.

Anda disuguhkan joystick analog, delapan buah action button, satu tombol start, serta tiga tombol dan dua switch utility. Rangkaian tombol di posisi trigger dipindahkan ke sisi depan, menjadi bagian dari action button.

8Bitdo NES30 2

NES30 didesain untuk menemani Anda meniknati game-game fighting seperti Ultra Street Fighter serta seri King of Fighters. Salah satu fitur unik di NES30 Arcade Stick adalah kemampuan untuk mengubah mode joystick ke D-Pad via switch. Joystick tersebut dapat dilepas, misalnya jika Anda ingin memakai stik buatan Sanwa. Tombolnya juga bisa digonta-ganti dengan model 30mm lain jika masih belum puas pada performa tipe default.

8Bitdo NES30 3

NES30 bekerja layaknya controller Bluetooth, tersambung ke Nintendo Switch tanpa kabel. Arcade controller ini menyimpan baterai 480mAh build-in, memberikan Anda waktu bermain hingga 18-jam tanpa perlu terkoneksi ke sumber listrik, dengan durasi charging selama satu sampai dua jam. Proses isi ulangnya sederhana via kabel USB.

Bagi saya, hal paling menarik dari NES30 Arcade Stick adalah ia tak hanya dapat dinikmati pemilik Switch, namun juga siap mendukung platform hiburan lain seperti Windows, hingga Mac dan Android. Pastikan saja sistem Anda telah berjalan di Windows 7, Android 4.0 dan MacOS 10,7 atau versi yang lebih baru (NES30 kabarnya juga kompatibel ke permainan-permainan di Steam). Khusus di Windows, perangkat bisa tersambung dengan kabel.

NES30 Arcade Stick sudah bisa di-pre-order di Amazon. Produk dibanderol seharga US$ 80.

Sumber: 8Bitdo.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.