1. Lifestyle

ABI Research: Pendapatan Tablet Android Kini Samai iPad

ABI Research bukan yang pertama menyatakan bahwa pangsa pasar tablet Android sudah mengungguli pangsa pasar tablet berbasis iOS. Pada bulan Mei lalu kami sempat mengulas laporan dari IDC yang menyatakan bahwa pangsa pasar tablet Android sudah mencapai angka 56,5% pada kuartal pertama tahun ini. Senada dengan laporan IDC tadi, ABI Research mengumumkan bahwa pada kuartal kedua 2013 pun tablet Android berhasil mengungguli tablet-tablet keluaran Apple.

Hal yang lebih menarik dari laporan ABI Research adalah pernyataan bahwa total pendapatan tablet-tablet Android di kuartal kedua 2013 sudah setara dengan total pendapatan iPad dan iPad Mini. Dari 12,7 miliar dolar AS total pendapatan seluruh tablet selama Q2 2013, untuk pertama kalinya Apple memiliki presentase kurang dari 50% dengan 6,3 miliar dolar AS. Nampaknya ABI Research mengasumsikan bahwa total pendapatan tablet berbasis sistem operasi lain (seperti tablet Surface dari Microsoft) cukup kecil sehingga disimpulkan bahwa total pendapatan tablet-tablet Android kini sudah paling tidak setara dengan iPad dan iPad Mini.

Khusus untuk tablet-tablet keluaran Apple, ABI Research merinci bahwa iPad Mini kini memiliki pangsa 60% dari jumlah unit tablet keluaran Apple yang terjual di Q2 2013. Artinya, iPad Mini kini lebih populer daripada iPad. Meskipun demikian, dari segi jumlah pendapatan, iPad Mini "hanya" menyumbang 49% dari pendapatan tablet-tablet iOS. Bisa dipahami karena harga iPad Mini memang lebih rendah daripada harga iPad.

Walaupun saat ini Apple masih jauh lebih unggul dari produsen tablet mana pun baik dalam hal jumlah penjualan perangkat maupun jumlah pendapatan, jika tren ini terus bertahan tentunya akan menjadi berita yang tidak baik bagi Apple. Masih menurut ABI Research, selama setahun belakangan, angka rata-rata penjualan (average selling price atau ASP) tablet berbasis iOS menurun 17%, bertolak belakang dengan angka ASP pasar secara keseluruhan yang justru meningkat sebesar 17%.

Laporan selengkapnya bisa dilihat di rilis resmi ABI Research pada tautan ini.

 

[gambar via]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again