Sadar atau tidak, Anda hampir bisa dipastikan pernah mengunjungi situs About.com. Pertama kali meluncur ke publik 20 tahun silam, About.com menyimpan koleksi artikel dari segala macam topik, mulai dari cara mengetahui gejala osteoporosis sampai cara menghilangkan noda cat pada baju. Namun per tanggal 3 Mei 2017, About.com resmi berganti nama menjadi Dotdash.

Perubahan nama ini sebenarnya merupakan bagian dari strategi branding. Prosesnya sebenarnya sudah dimulai sejak tahun lalu, tepatnya saat mereka merilis situs terpisah bernama Verywell, yang pada dasarnya berisikan semua konten bertema kesehatan dari About.com.

Neil Vogel, CEO About.com, menilai bahwa mereka harus menyajikan konten yang sangat beragam itu lewat situs-situs yang lebih spesifik untuk bisa bertumbuh di era internet modern ini: Verywell yang berfokus pada topik kesehatan akhirnya disusul oleh The Balance (manajemen keuangan), lalu ThoughtCo (pendidikan), Lifewire (teknologi), The Spruce (seputar rumah dan makanan) dan yang terakhir dan akan datang adalah TripSavvy – yang saat ini masih berkedok About.com Travel.

Keenam situs ini adalah produk dari Dotdash sebagai suatu brand media, jadi pengguna bukannya berjumpa langsung dengan Dotdash seperti dengan About.com dulu. Isinya sendiri merupakan hasil kurasi konten-konten terbaik About.com yang telah dikategorisasi dan diedit agar relevan dengan tren terkini.

Terkait namanya, Dotdash sendiri merupakan huruf “A” pada sandi morse. Titik merah pada logonya merupakan bentuk penghormatan atas bagian yang selalu muncul di logo About.com selama ini, sedangkan kata “dash” sendiri melambangkan misi perusahaan untuk terus maju ke depannya.

Jadi, mari kita bersama-sama mengucapkan selamat tinggal pada About.com dan berterima kasih atas dedikasinya selama 20 tahun ini. Tidak lupa juga kita ucapkan selamat datang pada Dotdash beserta ‘anak-anaknya’.

Sumber: TechCrunch dan Wired.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.