ABP Incubator Sukses Adakan “Jogja Startup Sprint”, Bina Komunitas Startup di Yogyakarta Kembangkan Produk

ABP Incubator Sukses Adakan “Jogja Startup Sprint”, Bina Komunitas Startup di Yogyakarta Kembangkan Produk

Ada tiga rangkaian kegiatan bertajuk Kickoff, Founders Dating, dan Design Sprint
Salah satu sesi talkshow dalam rangkaian Founders Dating / ABP Incubator
Salah satu sesi talkshow dalam rangkaian Founders Dating / ABP Incubator

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan ekosistem startup di suatu wilayah. Salah satunya dengan banyak melakukan pembinaan melalui kanal komunitas. Hal ini yang coba dilakukan oleh inkubator Amikom Business Park (ABP) Incubator berkolaborasi dengan Amikom Computer Club dengan mengadakan rangkaian acara bertajuk “Jogja Startup Sprint“.

Jogja Startup Sprint terdiri dari tiga jenis acara, yakni Kickoff, Founders Dating, dan Design Sprint. Menurut pemaparan VP Business & Partnership ABP Donni Prabowo acara ini bertujuan untuk membangun ekosistem secara berkelanjutan di Yogyakarta.

Rangkaian acara pertama, yakni Kickoff diadakan pada Sabtu, 8 Desember 2018 bertempat di Ruang Cinema Universitas Amikom. Berisi talkshow mengenai startup, melibatkan kalangan pemain dan investor. Hadir dalam sesi ini Fathin Naufal (Founder Gifood), Adjie Purbojati (Founder Lunasbos), Gisneo Pratala Putra (CEO Wideboard) dan Budi Wasito (angel investor).

Salah satu hal yang ditekankan dalam sesi ini bahwa membangun startup perlu kolaborasi antar bidang. Tidak hanya memprioritaskan pada talenta teknis saja, karena di beberapa startup ada yang dimulai dari founder non-teknis.

Acara berikutnya adalah Founders Dating, diadakan pada Sabtu, 22 Desember 2018 bertempat di kantor PrivyID di Yogyakarta. Acara ini berupa kegiatan speed dating yang dilakukan untuk mendapatkan anggota baru untuk tim startupnya. Dalam acara ini turut ada sesi diskusi seputar pengembangan talenta di startup, diisi oleh Guritno Adi Saputro (CTO & Co-Founder PrivyID), Donni Prabowo (ABP), dan Anggoro (Staf Ahli MIKTI).

Terakhir ada acara Design Sprint yang diadakan pada tanggal 29-30 Desember 2018 di Universitas Amikom. Ada 16 tim startup yang diajak untuk memahami masalah, memberikan solusi, dan membuat purwarupa produknya. Acara ini dipandu oleh Korniawan Prabowo (Founder Jerseybali.com) dan Fathin Naufal.

Amikom Business Park adalah inkubator dan pembangun ekosistem startup yang bertempat di Yogyakarta. ABP dimiliki oleh Universitas Amikom Yogyakarta. Saat ini, ABP sudah memiliki 15 startup yang telah diinkubasi dengan total pendanaan sebesar $206,000 serta 18 mitra strategis di Indonesia maupun luar negeri.

Disclosure: DailySocial merupakan media partner acara Jogja Startup Sprint yang diadakan Amikom Business Park.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…