Jelang Computex 2017, Acer Perkenalkan Dua Tablet Iconia Baru

Salah satu model menggunakan teknologi layar Quantum Dot yang unik

Pasar tablet dihiasi laporan negatif di sepanjang kuartal pertama tahun 2017. Menurut laporan IDC, di kuartal pertama tablet yang dikapalkan hanya sebanyak 36,2 juta unit atau turun 8,5% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Tapi lesunya pasar tablet tak lantas membuat Acer menyerah tanpa perlawanan. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan itu baru saja meluncurkan tablet anyar bernama Iconia Tab 10 dan Iconia One 10. Varian pertama punya sesuatu yang unik, yakni teknologi layar baru, Quantum Dot.

Quantum Dot sejatinya bukan teknologi yang benar-benar baru di ranah tablet. Amazon sudah lebih dulu menawarkannya di tablet Kindle Fire HDX 7 dan HDX 8.9, tapi memang belum diadopsi secara luas. Padahal teknologi ini disebut mempunyai potensi untuk menyuguhkan tingkat kecerahan dan gambar yang lebih hidup ketimbang layar LCD standar. Akurasi warna dan efisiensinya juga terbilang baik, membantu perangkat memangkas konsumsi daya.

Bermodalkan teknologi ini, Acer Iconia Tab 10 bisa menjadi pesaing yang menakutkan. Bagi mereka yang peduli dengan kecerahan layar dan kenyamanan saat membaca, komponen ini mestinya menjadi salah satu yang paling dicari. Tapi tentu saja layar bukan satu-satunya daya jual tablet berbasis Android 7.0 Nougat ini. Ada beberapa fitur yang juga cukup menarik perhatian.

Misalnya dukungan dua buah port USB yang memudahkan pengguna terhubung ke pengisi daya dan perangkat eksternal secara bersamaan. Kemudian Acer juga membenamkan empat buah komponen speaker dengan subwoofer yang sudah barang tentu membuat suara yang dihasilkan lebih nendang. Rilis pers resminya menyebut bahwa keduanya sama-sama mengusung chipset dari MediaTek dengan prosesor empat inti, tapi spesifikasi lengkapnya baru akan diungkap di ajang Computex yang sebentar lagi akan digelar.

Sumber berita PRnewswireΒ dan Acer.