Categories

Gadget

Acer Rilis Monitor Gaming dengan Desain Melengkung dan Dukungan AMD FreeSync

Glenn Kaonang - 1 July 2015

Makin banyak saja monitor yang benar-benar dirancang secara khusus untuk kebutuhan seorang gamer. Kali ini giliran Acer yang menghadirkan sebuah monitor gaming baru, Acer XR341CK.

Dari aspek tradisional, monitor ini memiliki bentang diagonal sepanjang 34 inci, dengan panel IPS beresolusi 3440 x 1440 dan rasio kontras 100.000.000:1. Mungkin ada yang bertanya-tanya, "kok belum 4K ya?" Well, Acer rupanya punya alternatif yang tidak kalah menarik.

Seperti yang bisa kita lihat dari resolusinya, aspect ratio monitor ini tidak umum. Bukan 16:9 seperti pada umumnya, tetapi 21:9 yang tampak lebih lebar dan amat ideal untuk game bernuansa sinematik, seperti Grand Theft Auto V yang 'sangat Hollywood' misalnya.

Di saat yang sama, Acer XR341CK rupanya juga mengadopsi desain yang melengkung, dengan bezel yang sangat tipis di sekitar layarnya. Bayangkan betapa immersive-nya ketika tiga monitor melengkung ini dijejerkan bersama. Lebih lanjut, monitor ini juga ditopang oleh stand aluminium yang tak cuma bisa di-tilt, tetapi juga bisa ditinggikan posisinya hingga 5 inci.

Info menarik: Monitor 4K LG 27MU67 Diciptakan Khusus untuk Para Gamer

Tidak dilupakan adalah teknologi AMD FreeSync, yang akan menjamin mulusnya tampilan game tanpa dilanda problem image tearing maupun stuttering. Sederhananya, teknologi ini memungkinkan kartu grafis AMD Radeon yang kompatibel untuk mengatur refresh rate milik sang monitor.

Sepasang speaker berdaya 7 watt rupanya turut disematkan ke dalam rangka Acer XR341CK. Pun begitu, saya kira kalau Anda punya dana yang cukup untuk membeli monitor sangar ini, mengapa tidak membeli unit speaker terpisah yang lebih andal sekalian?

Soal konektivitas, sudah sewajarnya monitor kelas atas ini mengemas sambungan-sambungan dengan standar terkini. HDMI 2.0 dengan dukungan MHL (Mobile High-Definition Link) hadir, begitu pula dengan DisplayPort, miniDisplay Port dan USB 3.0.

Info menarik: Hands-On Oculus Rift Crescent Bay Prototype Bersama AMD Radeon R9 Fury X

Acer XR341CK rencananya akan segera dipasarkan mendekati akhir bulan Juli dengan banderol $1.099. Sayangnya, belum ada informasi soal ketersediaannya di Indonesia; monitor ini akan melenggang di Amerika Serikat terlebih dulu.

Jujur, saya tidak bisa menyembunyikan rasa iri; bahagia sekali sepertinya menjadi seorang gamer di Amerika Serikat. Semoga Acer Indonesia juga berencana memasarkan monitor gaming barunya ini buat para gamerhardcore di tanah air.

Sumber: Acer via VentureBeat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter