Categories

Event

ActCelerate: Program Akselerator Dari MCash dan SiCepat Dalam Misi Menghadirkan Startup Berkualitas di Indonesia

ActCelerate mendukung startup lewat berbagai bentuk, mulai dari dukungan mentoring, kerja sama strategis, hingga peluang pendanaan. Disediakan pula hadiah uang tunai hingga 100 juta Rupiah

Avi Tejo Bhaskoro - 27 July 2021

Perusahaan startup atau rintisan terus berkembang hingga saat ini. Hal ini tidak terlepas dari penetrasi dan penggunaan jaringan internet yang cukup besar di Indonesia. Menurut data yang dihimpun oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia( APJII), pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 196.7 juta pada tahun 2020 - atau setara dengan 74% penduduk Indonesia telah menjadi pengguna internet. Angka yang masif tersebut dapat menjadi peluang, terlebih bagi bisnis perusahaan rintisan digital.

Di lain pihak, mendirikan dan menjalankan startup bukan perkara yang mudah. Banyak hal yang harus dipahami oleh pendiri, mulai dari menentukan vertikal bisnis yang tepat, pembentukan visi yang kuat, sampai menentukan model bisnis yang cocok dengan target pasar, hingga kebutuhan menghimpun pendanaan merupakan pemahaman yang harus dikuasai guna mencapai kesuksesan. Tak ayal hal itu menjadi tantangan tentang bagaimana melahirkan startup yang benar-benar siap, baik secara operasional dan untuk kebutuhan pendanaan dari investor. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegagalan suatu startup, seperti misalnya perancangan konsep yang lemah, kurangnya inovasi, pemahaman yang minim soal aspek manajemen dan aspek legal, dan masih banyak lagi faktor-faktor lainnya.

Salah satu solusi bagi para founder atau pemilik bisnis startup bisa lakukan adalah dengan berpartisipasi dalam program akselerator startup. Program akselerator memiliki tujuan untuk membantu mempercepat pertumbuhan startup. Kegiatan ini bisa diikuti bagi pemilik startup yang baru saja menjalankan bisnisnya maupun startup yang sudah sampai ke tahap perkembangan dan telah mendapatkan modal dari beberapa modal ventura dan investor. Program akselerator akan menghadirkan mentor berpengalaman yang akan berbagi cerita mengenai jatuh bangunnya serta memberikan insight menarik mengenai bisnis tersebut. Selain itu, hal yang perlu diingat juga bahwa program akselerator tidak dapat membantu startup yang berada pada fase kolaps.

Secara umum, kita tahu bahwa seorang mentor adalah seorang pakar yang telah memiliki track record gemilang dalam bisnis, sehingga pengalaman dan informasi baik tentang proses, kegagalan dan bagaimana mentor tersebut berada di titik kesuksesan saat ini bisa langsung didapatkan yang oleh sebab itu maka dikenal dengan istilah akselerasi. Pada saat program akselerasi berlangsung, mentor akan disesuaikan dengan kategori startup yang ikut dalam program.

Di Indonesia, ada banyak sekali program akselerasi startup, salah satu program yang akan segera hadir adalah program ActCelerate yang merupakan program akselerator kolaboratif dari MCcash, SiCepat, dan juga DailySocial.id. Program ActCelerate ini akan berlangsung selama 8 (delapan) minggu, yang akan diisi dengan berbagai kegiatan seputar mengakselerasi bisnis startup.

ActCelerate mempersembahkan modul yang tentu sangat bermanfaat untuk menggenjot pertumbuhan bisnis startup, di samping itu, dukungan mentorship juga dihadirkan dengan mengajak para ahli di bidangnya, untuk membahas tentang bagaimana startup melangkah untuk meraih kesuksesan dengan meningkatkan kemampuan memvalidasi ide, mendorong model bisnis yang optimal, pemahaman akan pentingnya prototyping, sampai menggenjot upaya pemasaran yang maksimal. Semua hal itu akan dibahas secara virtual lewat sesi webinar mentorship yang akan dihadirkan ActCelerate.

Lebih jauh lagi, selain menawarkan ilmu dan insight menarik, program ActCelerate juga memberikan dukungan permodalan dan kolaborasi bisnis bersama MCash dan SiCepat bagi startup yang terpilih. Disediakan insentif yang menarik dalam bentuk hadiah yang disiapkan untuk 3 (tiga) peserta terpilih dengan nilai total sebesar 100 juta Rupiah dan juga kesempatan untuk mendapatkan fasilitas dari Indonesian Cloud untuk public cloud infrastructures dan dari Damcorp untuk penggunaan WhatsApp for Business API (syarat dan ketentuan berlaku). Startup yang terpilih juga akan tampil menjadi yang terbaik di ‘Demo Day’ ActCelerate.

Tertarik untuk mengakselerasi startup Anda di program ActCelerate bersama MCash, SiCepat, dan DailySocial.id? Pantau terus informasi selengkapnya hanya di DailySocial.id.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter