8 January 2016

by Yoga Wisesa

Action Cam Activeon Solar X Rekam Video 4K Sembari Ditenagai Sinar Matahari

Komponen yang membuat Solar X unik adalah casing X Station: unit charging serta ekstra baterai dengan solar panel di kedua sisinya.

Penggunaan action camera hampir selalu dikaitkan dengan olahraga outdoor. Kategori produk yang dipionirkan oleh GoPro ini kian merakyat, namun bahkan model paling canggih sekalipun mempunyai satu kelemahan besar: keterbatasan baterai. Menariknya, tim Activeon menemukan solusi cerdas atas kendala tersebut dan mengintegrasikannya ke produk mereka.

Hasilnya adalah sebuah device super-unik. Activeon memperkenalkan Solar X, action camera berkemampuan merekam video 4K yang dapat mengambil tenaga dari sinar matahari. Premisnya memang menjanjikan, tapi penggunaan tenaga surya tentu akan memicu pertayaan mengenai apakah seberapa efektifkah metode ini. Menurut developer, desain Solar X memastikannya fungsional dan fleksibel.

Activeon Solar X memiliki penampilan yang cukup normal. Tubuhnya berbentuk balok mungil berwarna hitam. Ada modul lensa di sisi depan, dan layar sentuh build-in seluas 2-inci di baliknya. Dipadu UI, pengguna bisa mengakses segala fungsi kamera. Ia dibekali Wi-Fi sehingga Anda dapat menyambungkannya ke perangkat iOS atau Android. Konten juga bisa diunggah ke layanan Activeon Cloud.

Komponen yang membuat Solar X berbeda ialah casing X Station. Ia berperan sebagai unit charging serta ekstra baterai, memiliki sepasang solar cell di kedua sisinya. Untuk mulai mengisi ulang, kita tinggal membuka panel. X Station turut ditopang teknologi Burst Speed Charging. Dengannya, baterai Solar X dapat terisi 70 persen cuma dalam waktu setengah jam (butuh satu jam supaya penuh).

Pertanyaannya, apakah Burst Speed Charging turut diimplementasikan pada metode isi ulang dari solar cell, atau hanya tersedia saat Anda melakukan charging dari kabel? Solar X menyimpan baterai berkapasitas 1.100mAh, menjaganya tetap aktif selama dua jam, ditambah empat jam lagi di X Station.

Solar X memanfaatkan sensor CMOS 16-megapixel, dipadu lensa ultra-wideangle 7-element f/2.4 'berpresisi tinggi'. Tersedia kemampuan perekaman 4K 2160p di 15fps dan fitur burst shot. Action cam ini didukung digital image stabilization, bermacam-macam filter/efek warna, serta keleluasaan setting (dari mulai ISO, white balance, sampai exposure). Live view juga dapat diakses lewat app smartphone.

Activeon berencana menghadirkan Solar X ke pasar pada bulan Maret 2016 nanti. Kamera action ini akan kompatibel ke hampir 40 tipe aksesori dari sang produsen; termasuk delapan jenis mounting, tujuh grip, selfie stick, strap, kacamata renang, serta remote Wi-Fi. Solar X ditawarkan seharga US$ 450.

Sumber: Activeon & Business Wire. Header: Engadget.