13 September 2016

by Glenn Kaonang

Action Cam Terbaru Sony Tawarkan Sensor 4K dan Optical Image Stabilization

Usung peningkatan spesifikasi yang signifikan dibanding model pendahulunya

Garmin sudah mencuri start di ranah action camera. Kini giliran Sony yang melakukan hal serupa dengan model terbarunya, yaitu FDR-X3000. Sama halnya seperti milik Garmin, bakat utamanya adalah merekam video 4K, tapi itu baru sebagian dari cerita utuhnya.

Pembaruan yang paling signifikan adalah hadirnya teknologi optical image stabilization dimana lensa dan sensor akan bergerak secara saksama untuk mengompensasikan guncangan. Menurut pengakuan Sony, ini merupakan fitur yang paling banyak di-request oleh konsumennya.

Secara internal, Sony FDR-X3000 mengusung spesifikasi yang cukup serius. Utamanya adalah sensor 1/2,5 inci beresolusi 8,2 megapixel yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan video 4K 30 fps atau 1080p 120 fps. Sensor turut ditemani oleh lensa wide-angle Zeiss Tessar baru yang diklaim jauh lebih bebas distorsi ketimbang milik model sebelumnya.

Paket penjualan Sony FDR-X3000 mencakup casing anti-air yang tahan hingga kedalaman 60 meter / Sony

Desainnya tidak banyak berubah, masih serupa seperti action cam generasi pertama Sony. Perangkat datang bersama case anti-air yang bisa tahan hingga kedalaman 60 meter. Tidak ada LCD pada bodi X3000R, sebagai gantinya, konsumen bisa membeli bundel yang mencakup aksesori Live-View Remote.

Sony bakal memasarkan FDR-X3000 mulai akhir September ini di Amerika Serikat. Harganya dipatok di angka $400, atau $550 bersama aksesori Live-View Remote tadi.

Sumber: Engadget.