Categories

Gadget

Active Noise Cancelling Tidak Selamanya Harus Menjadi Fitur Premium

Berkat chip Bluetooth terbaru Qualcomm, true wireless earphone kelas entry-level pun bisa memilikinya

Glenn Kaonang - 30 March 2020

Dari sekian banyak true wireless earphone yang diumumkan di ajang CES bulan Januari lalu, salah satu yang paling mencuri perhatian adalah JLab Go Air. Bagaimana tidak, di saat earphone lain dijual seharga $150 atau bahkan lebih, Go Air dibanderol tidak lebih dari $30.

Pastinya ada yang harus dipangkas agar harganya bisa semurah itu, dan salah satu fitur yang absen dari perangkat tersebut adalah active noise cancelling (ANC). Di titik ini, ANC pada dasarnya bisa dianggap sebagai fitur standar untuk true wireless earphone kelas premium, namun ke depannya itu bisa berubah berkat inovasi terbaru Qualcomm.

Produsen asal AS itu mengumumkan dua chip Bluetooth baru yang didedikasikan untuk true wireless earphone: QCC514x untuk yang kasta premium, dan QCC304x untuk yang kelas entry-level. Keduanya sama-sama mengunggulkan fitur ANC terintegrasi, tidak ketinggalan pula mode transparan yang memungkinkan pengguna untuk mendengar suara dari luar ketika dibutuhkan.

Istimewanya, Qualcomm bilang efisiensi daya kedua chip ini lebih bagus daripada generasi sebelumnya, yang berarti daya tahan baterai perangkat bisa ditingkatkan, bahkan meski noise cancelling terus aktif. Selain ANC terintegrasi, fitur andalan berikutnya adalah TrueWireless Mirroring.

Qualcomm QCC514x dan QCC304x

Fitur ini sejatinya dirancang untuk mewujudkan koneksi yang lebih stabil, serta mewujudkan transisi yang mulus ketika pengguna melepas salah satu unit earpiece. Berkat fitur ini, kedua unit earpiece tak akan muncul sebagai dua perangkat yang terpisah pada daftar perangkat Bluetooth yang terhubung ke smartphone.

Perbedaan utama QCC514x dan QCC304x adalah terkait integrasi voice assistant. Keduanya sama-sama memungkinkan voice assistant untuk dipanggil secara lisan, akan tetapi khusus untuk QCC304x, pengguna harus menekan tombol pada perangkat terlebih dulu sebelum mengucapkan “OK Google” atau “Hey Siri”.

Semoga saja ke depannya semakin banyak true wireless earphone berharga terjangkau yang menggunakan chip Qualcomm QCC304x. Menekan tombol setiap kali hendak memanggil Siri atau Google Assistant semestinya bukan perkara besar, yang lebih penting adalah active noise cancelling tanpa harus membayar terlalu mahal.

Sumber: The Verge dan Qualcomm.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter