22 May 2018

by Glenn Kaonang

Mobil Terbaru Acura Andalkan Sistem Infotainment Berbasis Touchpad yang Tidak Biasa

Tidak seperti di laptop, di sini posisi jari pada touchpad bakal sama persis dengan di layar

Mayoritas mobil zaman sekarang hampir bisa dipastikan mengemas layar besar pada bagian dashboard-nya. Meski demikian, cara mengoperasikannya berbeda-beda. Ada yang mengandalkan sentuhan langsung pada layar, ada yang memanfaatkan gesture, ada pula yang menggunakan kenop putar ala mobil-mobil mewah asal Jerman.

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri, itulah mengapa Honda lewat divisi luxury-nya, Acura, mencoba meracik sistem baru yang mereka yakini paling ideal. Sistem ini mengandalkan pengoperasian berbasis touchpad, tapi berbeda dari yang biasa terdapat pada mobil maupun laptop.

Acura menyebut sistem barunya dengan istilah True Touchpad Interface, dengan premis utama absolute positioning. Maksudnya adalah, di mana pun jari Anda berada pada touchpad, posisinya di layar bakal sama persis. Tidak ada lagi namanya menggerak-gerakkan kursor menggunakan jari.

Jadi ketika jari Anda menyentuh ujung kiri atas touchpad, maka yang terpilih di layar juga yang berada di ujung kiri atas. Semua bagian touchpad-nya pun bisa ditekan, sehingga kita tak perlu lagi menengok ke layar untuk memastikan apakah salah satu menu sudah terakses atau belum.

Permukaan touchpad-nya ini berbentuk cekung guna membantu kita memastikan posisi jari tanpa harus menengok ke bawah. Touchpad-nya juga terbagi menjadi dua, di mana yang sebelah kanan yang berukuran lebih kecil berfungsi untuk menavigasikan bagian layar sebelah kanan yang memang juga lebih kecil.

Pengoperasian semacam ini tentunya membutuhkan adaptasi, apalagi kita sudah begitu terbiasa dengan touchpad di laptop yang cara kerjanya berbeda. Namun begitu kita sudah menguasainya, Acura yakin pengendalian sistem bisa dilakukan secara lebih mudah sekaligus aman, sebab pandangan kita tidak sedikit-sedikit teralihkan.

Rencananya sistem True Touchpad Interface ini bakal menjalani debutnya bersama SUV Acura RDX edisi 2019. Untuk lebih jelasnya, tonton video demonstrasi dari Acura di bawah ini.

Sumber: Engadget.