27 December 2016

by Yoga Wisesa

Ada GPS Tracker Sampai Push Notification, Hallam Ialah Jaket Pintar Berfitur Terlengkap

Masing-masing kantong di sana punya fungsi berbeda misalnya untuk men-charge, mengaktifkan musik secara otomatis atau menyalakan mode mute.

Salah satu fungsi perangkat wearable adalah menyederhanakan akses ke fungsi di perangkat utama, misalnya meneruskan notifikasi di smartphone sehingga pengguna tidak melewatkan panggilan ataupun pesan penting. Masing-masing produk memang mempunyai spesialisasi berbeda, namun buat sekarang, solusi terlengkap ialah kreasi dari startup asal Manhattan ini.

Tim yang fokus pada pengembangan teknologi wearable, aksesori dan perhiasaan itu memperkenalkan versi terbaru dari jaket pintar Hallam P New York. Produk ini betul-betul layak mengusung titel pintar karena ia menyimpan 29 fitur berbeda - siap menunjang kebutuhan hiburan, kenyamanan, hingga keamanan. Semua kemampuan itu dikemas dalam rancangan dan penyajian simpel sehingga Hallam bisa dipakai di berbagai aktivitas.

Dari sisi penampilan, Hallam terlihat seperti jaket biasa. Developer menawarkan tiga model dengan tiga pilihan warna (hoodie, varsity dan jaket wol), masing-masing memiliki empat level kelengkapan fitur, yaitu Basic (terdapat 18 fungsi dasar), Smart (ada fitur anti-pencuri sampai push notification), Workout (memiliki tambahan pencahayaan LED), serta Travel (terdapat baterai, gantugan kunci, hingga tripod).

Bahkan di versi paling dasar saja, fitur-fitur jaket pintar Hallam sangatlah lengkap. Di sana ada portable charger, kabel earphone, sampai kemampuan panggilan darurat. Lalu beberapa kantong juga mempunyai fungsi tertentu, misalnya ada kantong yang bisa menjalankan musik secara otomatis begitu handset dimasukkan ke dalamnya, serta kantong untuk mute. Rahasia dari kemampuan ini adalah chip NFC tipis yang disematkan di masing-masing kantong.

Ingin beristirahat saat menempuh perjalanan jauh? Silakan manfaatkan bantalan leher build-in di sana lalu tarik penutup mata. Kedinginan? Tinggal keluarkan sarung tangannya. Kepanasan? Tarik zipper di bawah lengan untuk membuka ruang ventilasi. Selanjutnya, kacamata bisa disematkan di kantong khusus, kemudian terdapat pula kantong penyimpanan paspor serta kartu kredit.

Di varian Smart, jaket Hallam dibekali badge Bluetooth. Ketika komponen ini terpisah sejauh 10 meter dari handset, alarm di badge dan smartphone akan menyala. Badge tersebut juga berfungsi buat menyalurkan notifikasi app, pesan, ataupun panggilan masuk, bahkan dapat menjadi remote control wireless untuk selfie. Sebelum mencuci Hallam, badge, modul lampu LED dan baterai bisa dilepas, menyisakan komponen elektrik anti-air.

Jaket Hallam rencananya akan dijajakan di harga retail mulai dari US$ 180 (US$ 220 untuk versi Smart), namun selama periode crowdfunding di Kickstarter masih berlangsung, produk bisa Anda beli seharga US$ 100 saja.