6 March 2015

by Yoga Wisesa

Ada Gym Dalam Mobil Sedan Futuristik Italdesign Giugiaro Gea

Apa yang paling Anda harapkan dalam sebuah kendaraan roda empat? Mesin berkekuatan ratusan tenaga kuda, fitur-fitur terkoneksi, kenyamanan, atau daya angkut berkapasitas tinggi? Italdesign Giugiaro punya ide lebih radikal dibanding pemain otomotif lain. Sebuah mobil konsep dihadirkan untuk memanjakan penumpang sekaligus menjaga penampilan fisik mereka.

Kendaraan tersebut dinamai Gea, dipamerkan dalam ajang Geneva Motor Show 2015. Ia mempunyai semua hal yang pecinta otomotif idam-idamkan: mesin canggih, teknologi futuristik, desain anggun dan mewah. Namun bagian paling unik Gea terletak pada interiornya. Bagaimana tidak, Italdesign Giugiaro mengintegrasi peralatan olahraga bersensor pintar ke kursi dan lantai. Fungsi ini dinamai mode Wellness - satu dari tiga mode dalam Gea.

Melatih fisik tak berarti Anda tidak boleh memanjakan diri. Kursinya dilapisi material kulit dan sutra. Ada lemari es kecil di antara kursi sebagai tempat menyimpan minuman. Di atasnya, terdapat lemari kecil untuk penyimpanan kosmetik serta kantung aromaterapi. Kemampuan olahraga diracik khusus oleh Technogym, lengkap dengan beragam variasi video tutorial latihan di monitor built-in.

Hebatnya lagi, Italdesign Giugiaro Gea merupakan mobil self-driving dimana sangat mungkin bagi pengemudi dan penumpang melakukan aktivitas bisnis. Kursi depan bisa diputar 180 derajat ke belakang, lalu LED di pintu akan memproyeksikan cahaya putih - dipercaya meningkatkan produktivitas dan konsentrasi. Sepasang layar LED 19-inci transparan juga turun dari atap ketika mode Business diaktifkan.

Info menarik: Supercar Bertenaga Listrik Audi R8 e-tron Taklukkan Efisiensi Daya Tesla Model S

Menghadapi lalu lintas ialah salah satu pemicu stres terbesar. Olah karena itu, tim desainer tak lupa menyiapkan mode Dream. Bersamanya, Anda diajak relaksasi. Lampu LED berpendar kebiruan, jendela jadi lebih gelap, gambar-gambar galaksi serta langit malam muncul di monitor dan dashboard, kemudian bantalan kaki naik dari bawah.

Anda tak perlu khawatir soal penampilan dan performa. Sistem pencahayaan eksternal Gea terlihat minimalis dan mempesona, berkat teknologi laser dan LED besutan Audi. Pintu terbuka seperti buku (bisa via remote control) tanpa B-pillar, dan akan menembakkan laser a la 'Karpet Merah virtual' seolah-olah membawa Hollywood kemanapun Anda pergi. Gea ditenagai motor elektrik mandiri di tiap roda, dengan total output 764 horsepower dan kecepatan maksimal 250km per jam.

Melalui Gea, Italdesign Giugiaro mencoba mengeksplorasi konsep mobil mewah masa depan, memindahkan fokus dari supir ke penumpang di belakang dimana mereka dapat mengendalikan mobil dengan aplikasi. Meski baru sekedar konsep, harganya sudah tersedia. Gea ditawarkan mulai dari US$ 318.000.

Sumber: Italdesign.it & Autoblog.com.