Categories

Internet

Ada Lebih dari 2 Juta Podcast yang Beredar, Tapi Berapa Banyak yang Rutin Merilis Konten Baru?

Spoiler: tidak banyak

Glenn Kaonang - 9 April 2021

Dewasa ini, keberadaan platform seperti Anchor membuat kegiatan podcasting seperti semudah mengunggah foto ke media sosial. Dengan hanya bermodalkan sebuah smartphone saja, siapapun sekarang bisa membuat dan memublikasikan podcast, dan ini jelas berdampak pada pesatnya pertumbuhan industri podcast.

Kalau kita melihat data dari Podcast Industry Insights, sejauh ini tercatat ada lebih dari 2 juta podcast yang bisa ditemukan di platform Apple Podcasts. Data yang dikumpulkan Podcast Index malah lebih banyak lagi dan sudah menembus angka 2,5 juta podcast. Pertanyaannya, dari sekian banyak podcast yang beredar di jagat internet, berapa banyak yang rutin merilis konten-konten baru?

Analisis yang dipublikasikan Amplifi Media baru-baru ini menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Dari 2 juta podcast di Apple Podcasts, 26% di antaranya ternyata cuma sempat memublikasikan satu episode saja. Dengan kata lain, sekitar seperempat dari total podcast yang ada (520 ribu podcast) bisa dikatakan sudah gulung tikar.

Sumber: Amplifi Media

Memang benar ada beberapa podcast yang sengaja direncanakan cuma satu episode saja, sehingga pada akhirnya analisisnya dikerucutkan lagi dengan kriteria dua episode. Di sini angka yang ditemukan adalah 37%, yang berarti ada sekitar 740 ribu podcast dengan dua episode atau kurang. Lebih jauh lagi, tercatat 44% dari total podcast yang ada (880 ribu podcast) memiliki tiga episode atau kurang.

Temuan lainnya menunjukkan ada sekitar 720 ribu podcast yang sempat merilis setidaknya 10 episode. Andaikata ini yang bisa kita klasifikasikan sebagai podcast rutin, itu berarti jumlahnya cuma 36%, alias sepertiga lebih sedikit dari total 2 juta podcast tadi.

Kesimpulannya kalau menurut saya, bagi yang pesimistis bisa sukses di industri podcast karena harus bersaing dengan 2 juta podcast lain, ada baiknya Anda buang jauh-jauh pikiran tersebut. Analisis yang dilakukan Amplifi Media ini pada dasarnya menunjukkan bahwa yang bisa dianggap 'pemain' di industri podcast sebenarnya tidak sampai sebanyak itu.

Pada kenyataannya, 63% dari semua podcast yang hanya mempunyai satu episode tadi dipublikasikan via Anchor, dan ini bisa menjadi indikasi bahwa banyak orang yang bereksperimen dengan podcasting tapi ternyata tidak lanjut meneruskannya — mungkin karena sebatas mencoba-coba hal baru guna mengisi waktu selama pandemi.

Sumber: Amplifi Media. Gambar header: Depositphotos.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter