1. Lifestyle

Ada Lebih dari 200 E-commerce Berpartisipasi Dalam Harbolnas 2016

Harbolnas kembali digelar pada tanggal 12 Desember kemarin dan akan terus berlangsung hingga 14 Desember besok

Hari Belanja Online Nasional boleh dibilang sebagai pelokalan dari Cyber Monday yang dilangsungkan di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris. Di Indonesia, Harbolnas pertama kali dilangsungkan di tahun 2012, diikuti oleh tujuh penyedia layanan e-commerce. Tapi inisiatif tersebut ternyata memperoleh respons sangat positif dari masyarakat, dan Harbolnas akhirnya berubah jadi ajang yang ditunggu-tunggu.

Harbolnas kembali digelar pada tanggal 12 Desember kemarin dan akan terus berlangsung hingga 14 Desember besok; dan di sana, tim penyelenggara menawarkan diskon hingga 95 persen, promo-promo menarik, sampai program undian. Jumlah penyedia layanan e-commerce yang berpartisipasi juga melonjak, naik 48,6 persen dibanding tahun lalu, terhitung ada lebih dari 200 peserta yang terdiri atas UKM, UMKM dan brand-brand lokal.

Acara kali ini mengangkat tajuk Indonesia Online, dimaksudkan untuk merepresentasikan berkembangnya penggunaan internet di tanah air, khususnya di segmen perangkat bergerak. "Perayaan Harbolnas tahun ini kembali mengajak masyarakat buat merasakan pengalaman belanja secara online secara mudah dan nyaman, dipadu keamanan dalam bertransaksi," tulis penyelenggara di press release.

Peningkatan sangat tinggi itu kabarnya berkaitan erat dengan kenaikan pengguna internet di Indonesia. Hasil dari riset gabungan antara Google dan Temasek menunjukkan bahwa terhitung di tahun 2015, Indonesia menempati urutan pertama negara dengan pertumbuhan pasar internet terbesar di dunia. Analis memperkirakan, angkanya akan mencapai 19 persen di tahun 2020. Kabarnya, kenaikan juga dialami oleh perekonomian berbasis internet di mana e-commerce jadi ujung tombaknya.

Selain penyedia jasa e-commerce, ada banyak sponsor lain yang menjadi mitra Harbolnas, salah satunya adalah PT. Bank Central Asia. Melihat perkembangannya yang begitu pesat, BCA terdorong buat menawarkan solusi pembayaran online, dan berharap jumlah partisipannya terus bertambah di event selanjutnya. Telkomsel juga ikut serta di sana, mendukung Harbolnas dengan menjaga kualitas jaringan serta melaksanakan program loyalty menarik untuk para pelanggan.

Harbolnas 2016 juga didukung oleh nama-nama raksasa di ranah teknologi seperti Google, Samsung dan Facebook - sang developer jejaring sosial terbesar di dunia itu fokus dalam membantu startup dan bisnis yang sedang berkembang, sempat melangsungkan Workshop Hari Belanja Nasional akhir bulan November silam. Selain itu, Grab selaku penyedia servis pemesanan kendaraan turut berkontribusi di acara ini sebagai mitra transportasi resmi.

Jangan sampai ketinggalan, masih ada waktu untuk menikmati gelaran Harbolnas 2016 di toko online atau layanan e-commerce favorit Anda.

*) Disclosure: DailySocial adalah media partner acara Harbolnas 2016. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again