Ah, gaya hidup ibukota yang kontradiktif... bentar, kayaknya udah pernah posting kayak gini. Ah ya topik kali ini memang masih berkutat di belanja dan penawaran diskon, kali ini memperkenalkan AdaDiskon.com.

Menurut foundernya Aswin Utomo, AdaDiskon memposisikan diri sebagai "Indonesia's first ever deal-sharing community." Terlebihnya, AdaDiskon juga menjadi media berita diskon dan penawaran yang bersifat aktif memberi info ke anggotanya dibanding hanya menyediakan informasi on-demand.

Awalnya gue agak pesimis karena di halaman depan tampak sekedar panduan diskon dan artikel yang cluttered, dan ngga banyak yang menarik perhatian gue. Ternyata baru terasa serunya pas udah sign-up.

Setelah sign-up, kita bisa memilih merchant,  credit card, dan user favorit. Nah nantinya di halaman My Home akan di-generate rekomendasi sesuai dengan favorit kita tadi. Sayangnya untuk dapetin info-info personal tersebut kita masih harus login ke websitenya, belum ada integrasi dengan jejaring sosial standar kayak Facebook dan Twitter. Sepertinya penawaran personal ke account Twitter dan/atau Facebook pengguna AdaDiskon bisa menjadi nilai lebih yang memikat orang bergabung.

Menurut Aswin saat ini AdaDiskon sudah aktif menjalin kerjasama dengan berbagai merchant dan venue untuk mendapatkan info penawaran paling up-to-date. Kerjasama ini juga menjadi salah satu bentuk revenue stream dari AdaDiskon, selain pemasangan iklan reguler dan sebuah bentuk pengiklanan baru yang menurut Aswin sedang mereka bangun.

Yang juga diharapkan adalah sisi komunitasnya, yaitu pengguna yang saling berbagi info. Walaupun semua toolsnya sudah siap tapi aroma crowdsourcing di websitenya belum begitu terasa, berbeda dengan Twitternya justru malah ramai dan interaktif. Mungkin perlu dipikirkan mekanisme cross-posting deal atau review lewat Twitter?

Mungkin memang masih terlalu awal untuk menilai apakah AdaDiskon berhasil menjadi layanan yang berguna apa ngga, tapi kalau bisa mengambil langkah-langkah yang tepat, potensi ke sana terbuka lebar. Kita tunggu aja.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again