Categories

Gadget

Ada Smartphone Proyektor, Device Streaming Unik dan Smartwatch Ber-Display Ganda dari Lenovo

Yoga Wisesa - 28 May 2015

Tak cuma dimanfaatkan sebagai tempat peluncuran produk anyar, acara bernama Lenovo Tech World adalah kesempatan manis bagi sang vendor PC terbesar di dunia itu untuk memamerkan konsep teknologi futuristik. Visi mereka tidak berbelit-belit: memberikan gambaran mengenai seperti apa kira-kira device komputasi dalam lima tahun ke depan.

Setidaknya ada tiga perangkat yang sanggup membuat kita terkagum-kagum. Mereka sebenarnya merupakan penyempurnaan dari sebelumnya, diberi bumbu expermental demi menyajikan twist dan terobosan. Device-device tersebut ialah Lenovo Cast, smartwatch berteknologi Magic View, dan Smart Cast. Pembahasan akan dimulai dari Lenovo Cast terlebih dulu, dan device paling menarik saya simpan buat terakhir.

Lenovo Cast ialah jawaban mereka terhadap naiknya permintaan konsumen akan device streaming ala Chromecast. Namun kesamaan kedua produk hanya terbatas pada kata 'cast', karena secara desain dan penyajian, ia sangat berbeda. Ketika Chromecast tampil berupa stick, Lenovo Cast mengambil bentuk mirip 'tablet' raksasa - atau mungkin puck olahraga hockey. Fungsinya dijanjikan lebih luas, dengan kemampuan lebih fleksibel.

Cast menyimpan port HDMI (kompatibel ke versi 1.3) dan bisa tersinkronisasi dengan jaringan Wi-Fi layaknya produk kompetitor. Tapi ia juga mampu mengakses DNLA atau smartphone, tablet serta notebook ber-Miracast, kemudian menghasilkan video berkualitas 1080p ke layar lebar. Lenovo Cast sanggup membaca beragam format video, dapat 'menembus' tembok, efektif hingga jarak 20 meter.

Info menarik: Laptop Murah dengan RAM 8GB, Lenovo Ideapad 100 Memperkenalkan Diri

Selanjutnya ada ide smartwatch dengan display ganda Magic View. Teknologi tersebut mengusung layar kedua dalam device wearable demi mengatasi masalah kecilnya ukuran display di sana. Komponen diletakkan antara layar utama dan strap. Saat dibutuhkan, Anda tinggal mendekatkannya ke mata. Gambar akan jadi 20 kali lebih besar berkat teknik pantulan optik. Magic View bisa digunakan untuk melihat peta, foto-foto, bahkan sampai video. Desain versi prototype smartwatch Magic View di acara Tech World sendiri menyerupai Motorola Moto 360.

Bagi saya, ide primadona dari semua teknologi ini terdapat pada Smart Cast. Sederhananya, ia adalah smartphone dengan proyektor laser. Gunanya? Smart Cast bisa memproyeksikan konten mobile ke tembok demi menyuguhkan video atau film. Lalu sewaktu Anda menginginkannya, proyektor mampu 'mengalihkan' peran touchscreen ke meja, seketika mengubahnya jadi keyboard virtual.

Smart Cast diklaim sebagai smartphone pertama dengan proyektor laser 'focus-free' terintegrasi, pendekatannya berbeda dari digital light processing standard yang telah hadir lebih dulu. Melaluinya, Anda dipersilakan menikmati game-game mobile, menawarkan rasa unik dalam menghibur diri.

Ketersediaan device Magic View dan Smart Cast masih belum dapat dipastikan, tapi rencananya Lenovo Cast siap dijual awal bulan Agustus nanti. Dibanderol US$ 50.

Via Android Central. Sumber: Lenovo.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter