17 October 2013

by Iqbal Farabi

Adidas Luncurkan Smartwatch Berbasis Android, miCoach Smart Run

Banyak pihak yang sudah ikut terjun ke pertarungan perangkat di ranah smartwatch. Sebelumnya di Trenologi kami sudah mendokumentasikan rilis jam tangan pintar dari Sony, Samsung, Qualcomm, serta beberapa rumor persiapan perangkat jam tangan pintar oleh Apple dan Google. Di luar itu, produsen peralatan olahraga Nike baru-baru ini juga merilis perangkat Nike+ FuelBand SE yang masih bisa dikategorikan sebagai wearable technology meskipun bukan sebuah jam tangan pintar.

Adidas tak mau ketinggalan kereta. Kemarin Adidas akhirnya mengungkapkan perangkat jam tangan pintar besutannya sendiri yang diberi nama miCoach Smart Run. Dari penamaannya, jelas Adidas lebih memfokuskan perangkat ini untuk menemani para pencinta olahraga lari. Kepala divisi Adidas Interactive, Paul Gaudio, berkomentar mengenai hal ini kepada Slash Gear, "pada dasarnya kami tidak berusaha membuat sebuah jam tangan pintar, tapi [kami mencoba membuat] jam tangan untuk berlari yang paling pintar".

Fitur-fitur miCoach Smart Run pun memang sangat berfokus untuk mendukung olahraga lari dengan menyediakan tiga mode miCoach Smart Run beroperasi: normal, marathon, dan latihan. Pada mode normal, miCoach Smart Run berlaku layaknya jam tangan pintar biasa saja plus sistem operasi Android Jelly Bean 4.1.1 yang bisa digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi seperti pemutar musik. Adidas mengklaim bahwa miCoach Smart Run bisa bertahan selama 14 hari jika digunakan pada mode ini. Jauh lebih lama dibandingkan daya tahan Galaxy Gear keluaran Samsung.

Pada mode marathon dan latihan, miCoach Smart Run baru menjalankan perannya sebagai jam untuk para pelari. Perangkat ini akan mengumpulkan data-data dari GPS, accelerometer, dan alat pengukuran detak jantung. Pengukuran-pengukuran ini nantinya dikirimkan ke sistem online miCoach dari Adidas melalui konektivitas bluetooth ke perangkat ponsel pintar Android atau melalui jaringan WiFi. Pada mode marathon data-data dikumpulkan tiap 5 detik dan baterai bisa bertahan selama 8 jam, sementara pada mode latihan data dikumpulkan tiap detik dan baterai bisa bertahan hingga 4 jam.

Menampilkan fitur dan desain yang premium membuat miCoach Smart Run juga dijual dengan harga yang premium. Dengan harga resmi sebesar $399, miCoach Smart Run lebih mahal dari kebanyakan ponsel pintar kelas menengah. Tapi, jika Anda memang serius hendak menggunakan wearable technology, terutama yang berfokus pada olahraga lari, saya pikir miCoach Smart Run merupakan opsi yang lebih baik dari perangkat jam tangan pintar lain yang ada saat ini.

 

Sumber: Slash Gear.