WhatsApp, aplikasi pesan instan milik Facebook yang memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna bulanan baru saja menambahkan pengaturan baru untuk Grup. Pertama kali dilaporkan di pekan lalu, fitr Send Message kini sudah bisa bisa digunakan hampir oleh seluruh pengguna setia WhatsApp.

Fitur “Send Message” hanya ditemukan di pengaturan grup, di mana fitur ini membatasi siapa yang boleh mengirimkan pesan ke grup, yaitu admin. Dengan kata lain, hanya admin grup yang akan dapat mengirim pesan, sedangkan anggota grup lainnya hanya bisa membaca tanpa bisa memberikan respon apapun. Dari pantauan Dailysocial, fitur Send Message sudah bisa dipergunakan di Indonesia dan cara pakainya pun sangat mudah.

“Hari ini, kami meluncurkan pengaturan grup baru di mana hanya admin yang dapat mengirim pesan ke grup,” tulis WhatsApp di blog resminya.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur ini di grup?

  • Perbarui aplikasi ke versi terbaru
  • Tap grup di mana Anda menjadi adminnya
  • Lalu tap info grup – pengaturan grup

Screenshot_2018-07-02-08-16-18-625_com.whatsapp

  • Kemudian tap Send Message atau Kirim Pesan dan pindahkan opsi ke Only Admins atau Hanya Admin dan tap Ok.

Screenshot_2018-07-02-08-16-22-166_com.whatsapp

Setelah fitur diaktifkan, anggota lain secara otomatis tidak akan dapat mengirim balasan atau pesan apa pun di grup. Jadi, jika ada anggota grup yang ingin mengirim pesan dengan segera ke dalam grup, dia harus menghubungi admin sehingga mereka dapat mengaktifkan kembali pengiriman pesan untuk semua peserta. Hanya admin yang dapat mengubah pengaturan grup.

Fitur Grup sering digunakan oleh anggota keluarga untuk tetap berhubungan, rekan bisnis untuk berbagi file dan untuk berinteraksi dengan orang-orang dengan minat yang sama. Saat ini, grup di WhatsApp mendukung hingga 256 peserta. Meskipun fitur baru ini tidak cocok diterapkan ke semua jenis grup, tapi bisa menjadi alat bagi admin untuk lebih memegang kendali.

Sumber berita WhatsApp.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.