Categories

Gadget

Adobe Comp CC Tawarkan Kemudahan Brainstorming bagi Para Desainer Layout

Glenn Kaonang - 31 March 2015

Dewasa ini, perangkat tablet, khususnya Apple iPad, sudah umum digunakan sebagai sarana bekerja oleh para desainer visual. Namun apakah perangkat ini memang ideal untuk mengerjakan tugas-tugas desain yang kompleks, yang sekiranya memerlukan presisi pointer interface milik PC atau Mac?

Sebagian desainer beranggapan bahwa layar multitouch milik iPad-lah yang menjadikannya ideal untuk dipakai menggambar. Akan tetapi, dalam dunia desain profesional, setiap sketsa harus menjalani tahap finishing, dan tahap penyempurnaan itu tampaknya masih lebih ideal dilaksanakan di komputer, baik desktop maupun laptop.

Inilah gagasan yang mendasari lahirnya aplikasi iPad baru dari kreator Photoshop, Adobe Comp CC. Aplikasi ini dirancang untuk mengakomodasi proses brainstorming para desainer dalam mengerjakan berbagai layout, baik yang ditujukan untuk cetak, website maupun user interface aplikasi mobile.

Adobe Comp CC sebenarnya berawal dari kolaborasi tim Adobe dengan seorang desainer ternama, Khoi Vinh. Awalnya bernama Project LayUp, aplikasi ini digagaskan untuk menjadi pelengkap trio software paling populer dari Adobe: Photoshop, Illustrator dan InDesign.

Info menarik: Adobe Document Cloud Ingin Merevolusi Cara Kita Menghadapi Dokumen

Konsep yang ditawarkan Adobe Comp CC sederhana: corat-coret di iPad, lalu export menjadi file native (.psd, .ai, .indd) yang bisa diakses di Photoshop, Illustrator atau InDesign melalui platform Creative Cloud. Dari situ para desainer bisa menyempurnakan kreasinya dengan presisi.

Kelebihan utama Adobe Comp CC terletak pada navigasi berbasis gesture-nya. Menggunakan jari atau stylus, Anda bisa menggambar berbagai bentuk (persegi, bulat, segitiga, segi enam, dll.), lalu Adobe Comp CC akan menyempurnakan coretan-coretan Anda secara otomatis. Buat garis-garis horizontal, maka ia akan menjadikannya sebuah textbox yang telah terisi.

Terintegrasi dengan Creative Cloud, Adobe Comp CC memungkinkan penggunanya untuk mengambil aset (gambar, icon, dll.) yang tersimpan di dalam library-nya, untuk ditambatkan pada sketsa layout yang ia buat. Adobe Comp CC juga menghadirkan integrasi Typekit, dimana penggunanya bisa memilih ratusan jenis font langsung dari dalam aplikasi.

Info menarik: Forge Adalah Aplikasi Menggambar untuk iPad dari Pabrikan Stylus Adonit

Aplikasi Adobe Comp CC untuk iPad ini sudah bisa diunduh secara cuma-cuma dari App Store. Anda perlu mendaftarkan akun Creative Cloud terlebih dulu untuk bisa menggunakannya – tersedia opsi gratis dengan kapasitas storage 2 GB.

Untuk mendapatkan pengalaman yang paling optimal – import dan export aset antara Adobe Comp CC dan aplikasi desktop Adobe – Anda tentunya perlu berlangganan Adobe Creative Cloud.

Sumber: Business Wire, Adobe Blog dan Subtraction via 9to5Mac.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter