1. Lifestyle

Peningkatan Performa dan Sejumlah Fitur Baru Hadir di Lightroom 6 dari Adobe

Coba tanya ke sejumlah fotografer, “software apa yang Anda pakai untuk meng-edit foto?” Saya cukup yakin mayoritas akan menjawab Lightroom. Buat yang tidak tahu, Lightroom adalah software buatan Adobe yang dirancang khusus untuk menyunting dan mengorganisir foto, lebih spesifik ketimbang fungsi manipulasi gambar yang ditawarkan Photoshop.

Ada cukup banyak alasan mengapa mereka memilih Lightroom sebagai software penyunting foto andalannya. Buat saya pribadi, Lightroom menawarkan kemudahan pengoperasian dan beraneka tool yang lengkap untuk mempercantik sebuah foto.

Setelah hampir dua tahun Lightroom 5 berkiprah, Adobe pun merilis suksesornya, Lightroom 6. Adobe Lightroom 6 membawa sejumlah fitur baru dan peningkatan pada performa secara menyeluruh.

Info menarik: Adobe Comp CC Tawarkan Kemudahan Brainstorming bagi Para Desainer Layout

Pengguna Lightroom 6 kini bisa menciptakan gambar berkontras tinggi dengan tool HDR Merge. Sederhananya, tool ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa foto dengan pengaturan exposure yang berbeda menjadi satu foto dengan dynamic range yang tinggi.

Lightroom 6 juga menghadirkan tool Panorama Merge, dimana Anda bisa menggabungkan beberapa gambar – format RAW juga didukung - menjadi satu gambar panorama yang menawan. Di saat yang sama, tool Facial Recognition mampu mengenali wajah yang berbeda di tiap foto sehingga Anda bisa membuat kategori berdasarkan masing-masing individu.

Filter di Lightroom 6 kini juga bisa ditambatkan pada area-area tertentu saja menggunakan tool Filter Brush. Anda bisa memilih bagian mana saja pada foto yang akan di-edit secara presisi.

Adobe Lightroom 6 kini juga berfungsi seperti softwaremovie maker, memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa foto, video dan musik dengan efek-efek cantik seperti panning atau zooming.

Peningkatan performa juga menjadi catatan penting buat Adobe. Lightroom 6 sekarang terasa jauh lebih responsif ketimbang pendahulunya, meningkatkan kecepatan pemrosesan sebanyak 10 kali lipat.

Info menarik: Aplikasi Noiseless untuk Mac Tawarkan Kemudahan Mengurangi Noise pada Foto

Adobe Lightroom 6 saat ini sudah bisa didapat seharga $149. Lightroom 6 juga tersedia sebagai bagian dari layanan berlangganan Adobe Creative Cloud dengan nama Lightroom CC. Manfaat utama jika Anda memilih berlangganan Lightroom CC ketimbang membeli Lightroom 6 secara terpisah adalah sinkronisasi dengan Lightroom Mobile, yang kini juga tersedia untuk tablet Android.

Tidak cuma sinkronisasi dengan versi mobile-nya, Lightroom CC juga terintegrasi dengan aplikasi Adobe Voice dan Adobe Slate di iPad. Gampangnya, Anda bisa membuat konten di kedua aplikasi tersebut dengan memanfaatkan foto-foto yang tersimpan di library Lightroom CC Anda.

Bonus jika Anda memilih berlangganan Adobe Creative Coud Photography seharga $10: Anda juga bisa menggunakan Photoshop CC bersamaan dengan Lightroom CC.

Sumber: Adobe via TheNextWeb. Sumber gambar: The Verge.

Koreksi: Perubahan judul dari artikel asli tanpa mengubah maksud dan tujuan artikel. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again