Categories

Mobile

Adobe Lightroom Mobile Kini Bisa Dipakai untuk Memotret Foto HDR dalam Format Raw

Saking kompleksnya fitur ini, hanya beberapa perangkat saja yang bisa mengaksesnya

Glenn Kaonang - 7 March 2017

Adobe baru saja merilis update untuk aplikasi Lightroom Mobile yang membawa fitur yang sangat menarik. Fitur yang dimaksud adalah pemotretan HDR dalam format raw, alias tanpa kompresi dan yang memungkinkan pengguna untuk mengedit secara lebih leluasa dan memperoleh hasil jauh lebih maksimal ketimbang menggunakan format JPEG.

HDR (High Dynamic Range) bukanlah fitur asing buat pengguna smartphone. Fitur ini sejatinya merupakan solusi terbaik ketika berhadapan dengan kondisi cahaya yang sulit. Contoh yang paling gampang adalah objek foto yang membelakangi sinar matahari.

Namun selama ini mode HDR yang ditawarkan aplikasi kamera hanyalah sebatas menggabungkan dua atau tiga foto berformat JPEG dengan tingkatan exposure yang berbeda. Di Lightroom Mobile, tiga foto yang diambil adalah yang berformat DNG (pada dasarnya format raw versi Adobe), yang kemudian secara otomatis digabungkan hingga menjadi satu foto menawan, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah.

Dalam mode Raw HDR ini, Lightroom Mobile akan menggabungkan tiga foto berformat DNG dengan tingkatan exposure yang berbeda / Adobe
Dalam mode Raw HDR ini, Lightroom Mobile akan menggabungkan tiga foto berformat DNG dengan tingkatan exposure yang berbeda / Adobe

Di titik ini sebenarnya foto sudah sangat layak untuk di-share, akan tetapi Anda masih bisa mengeditnya dengan sangat leluasa seperti ketika berhadapan dengan gambar-gambar berformat raw yang diambil menggunakan kamera DSLR atau mirrorless.

Fitur ini sudah tersedia secara cuma-cuma, yang berarti pengguna tidak diwajibkan menjadi pelanggan Adobe Creative Cloud untuk bisa menikmatinya. Kendati demikian, karena algoritma pemrosesan yang dipakai setara dengan yang Adobe gunakan di aplikasi versi desktop-nya, fitur ini hanya dapat diakses di beberapa perangkat saja.

Di iOS, perangkat yang dimaksud adalah iPhone 6s, 6s Plus, 7, 7 Plus, iPhone SE dan iPad Pro 9.7. Di Android, pilihannya malah lebih sedikit lagi, yakni cuma Samsung Galaxy S7, S7 Edge, Google Pixel dan Pixel XL. Jadi kalau Anda punya salah satu dari perangkat ini, sebaiknya jangan sia-siakan kapabilitas yang dimiliki dan segera coba fitur terbaru Adobe Lightroom Mobile ini.

Simak juga video tutorial cara menggunakan fitur HDR Capture Mode dari Adobe di bawah ini.

Sumber: Adobe.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter