1. Startup

Adobe Online Store Sekarang Tersedia di Indonesia

Ingin membeli piranti lunak buatan Adobe secara legal? Dulu hal seperti ini tidak mudah mengingat keterbatasan distribusi dan partner yang bisa menjual paket instalasi dalam bentuk CD/DVD. Untuk mengatasi hal ini dan juga mengurangi pembajakan, Adobe per hari ini akhirnya membuka online store yang dapat diakses di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Pengguna produk Adobe di negara-negara tersebut dapat membeli piranti lunak dan mengunduhnya secara online, sementara khusus untuk Singapura tersedia opsi pengantaran paket instalasi dalam bentuk DVD. Semua produk ditawarkan dengan mata uang setempat, misalnya jika Anda membuka Adobe.com Store Indonesia, semua produk ditawarkan dalam Rupiah.

Vicky Skipp, Regional Director Adobe Systems untuk Asia Tenggara, seperti dikutip dari OnScreen Asia mengatakan bahwa peluncuran ini membawa keuntungan bagi konsumen karena penggunaan pengunduhan elektronik akan menghemat biaya dan waktu yang dibutuhkan -- jika dibandingkan dengan metode pengiriman tradisional. Adobe.com Store menerima pembayaran menggunakan kartu kredit, baik Visa, MasterCard, ataupun American Express. Terdapat logo Wire Transfer di situ, tapi saya belum tahu apakah bisa melakukan transfer antarbank di Indonesia untuk pembelian di Adobe.com Store ini.

Adobe Creative Suite 5.5 Web Premium, sebagai contoh, jika Anda cek di online store ditawarkan seharga 4.2 jutaan Rupiah jika berupa upgrade ataupun 19 jutaan Rupiah jika dibeli secara penuh. Harga tersebut belum termasuk pajak (jika ada). Di setiap halaman produk, Adobe menyediakaan kebutuhan minimal spesifikasi yang diperlukan, baik untuk Windows maupun Mac. Selain itu tersedia pula estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh berkas instalasinya.

Creative Suite 5.5 Web Premium untuk Windows berukuran 4.3 GB dan menggunakan jaringan kabel 3 Mbps (seperti paket standar First Media saat ini) diestimasi dapat selesai diunduh dalam waktu sekitar 3 jam 15 menit, sementara versi Mac-nya juga tersedia dengan ukuran yang lebih besar dan waktu pengunduhan sedikit lebih lama.

Apakah ketersediaan produk-produk Adobe secara online dan legal ini dapat membantu mengurangi pembajakan? Saya berharap begitu jika pengembang-pengembang lokal yang menggunakannya menganggap ini sebagai investasi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again