Adobe Umumkan Project Aero dan Project Gemini

Adobe Umumkan Project Aero dan Project Gemini

Project Aero untuk kreasi konten AR, Project Gemini untuk menggambar dan melukis secara alami di atas layar sentuh
Adobe Project Aero / Adobe
Adobe Project Aero / Adobe

Adobe membuat gebrakan baru-baru ini dengan memamerkan prototipe Photoshop versi baru untuk iPad yang fiturnya tidak kalah lengkap dibanding versi aslinya di komputer. Namun rupanya bukan itu saja produk baru yang tengah Adobe siapkan.

Di konferensi tahunan Adobe MAX, mereka turut mengumumkan Project Aero dan Project Gemini. Keduanya masih dalam tahap pengembangan dan belum benar-benar siap dirilis ke publik secara luas, akan tetapi Adobe tampaknya sudah tidak sabar untuk mendemonstrasikan kebolehannya.

Project Aero

Adobe Project Aero

Meledaknya tren augmented reality belakangan ini memaksa Adobe untuk ikut andil dalam proses kreasinya. Dari situ mereka mencanangkan Project Aero, sebuah platform terintegrasi untuk menciptakan konten AR menggunakan produk-produk lain Adobe yang sudah ada.

Komponen utama Project Aero sejatinya adalah versi baru Photoshop CC dan Dimension CC yang sudah dioptimalkan untuk pembuatan konten AR. Skenario pembuatan sederhananya adalah seperti ini: selesaikan sketsanya di Photoshop, kemudian ubah menjadi aset 3D di Dimension, dan terakhir bubuhkan animasi di Aero.

Adobe Project Aero

Hasil akhirnya bisa langsung disimpan dalam format uzdz bikinan Pixar, sehingga konten AR bisa langsung dinikmati dari Safari atau iMessage di perangkat iOS, tanpa memerlukan aplikasi khusus. Aero pada dasarnya memanfaatkan kapabilitas AI Adobe Sensei demi menyisipkan elemen-elemen realistis pada konten AR yang dibuat.

Project Aero saat ini sudah memasuki fase private beta. Masuknya Adobe secara resmi di bidang pembuatan konten AR ini semestinya bakal memaksa platform ARCore (Android) untuk segera menghadirkan dukungan atas format uzdz.

Project Gemini

Adobe Project Gemini

Project Gemini pada dasarnya adalah aplikasi baru yang dirancang secara khusus untuk kebutuhan menggambar dan melukis di atas layar sentuh. Ia bisa dianggap sebagai kulminasi sederet aplikasi ilustrasi yang Adobe luncurkan selama ini untuk platform iOS.

Kelebihan utama Project Gemini adalah penggunaan brush engine milik Photoshop, sehingga lukisan cat air pada Gemini akan tampak sangat alami seperti sedang melukis di atas kertas asli. Sistem layering, masking dan selection tentu tersedia demi mewujudkan proses berkreasi yang non-destruktif.

Adobe Project Gemini

Integrasi dengan Photoshop dan platform Adobe Creative Cloud tentu bakal dijadikan nilai jual tambahannya. Project Gemini rencananya akan dirilis lebih dulu untuk iPad, kemudian menyusul di Windows 10 dan Android. Statusnya saat ini baru pre-release, dan hanya bisa dicoba oleh konsumen dalam jumlah terbatas dengan mengisi survei.

Sumber: Adobe 1, 2.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…