Categories

Gadget

Adobe Tingkatkan Tool Select Subject di Photoshop dengan AI, Edit Foto Portrait Jadi Lebih Mudah

Update Creative Cloud untuk bulan Juni ini membawa peningkatan untuk Photoshop, Lightroom, dan Adobe Camera Raw

Lukman Azis - 17 June 2020

Kabar gembira datang bagi para fotografer yang mengandalkan software besutan Adobe seperti Photoshop, Lightroom, dan Camera Raw untuk post processing. Sebab, Adobe telah merilis update Creative Cloud untuk bulan Juni yang membawa sejumlah fitur baru untuk pengolahan gambar yang lebih baik.

Pada Photoshop versi desktop misalnya, Adobe telah memperbarui tool Select Subject dengan algoritma baru menggunakan teknologi machine learning Sensei AI untuk memberikan hasil seleksi yang lebih akurat.

Ya, saat mengedit foto portrait, biasanya kita perlu usaha ekstra untuk memisahkan subjek dengan background secara sempurna. Terutama elemen rumit seperti bagian rambut, dengan Select Subject yang baru ini hasil seleksinya bakal jauh lebih rapi dalam sekali klik.

adobe-tingkatkan-tool-select-subject-di-photoshop-dengan-ai-edit-foto-portrait-jadi-lebih-mudah-1

Selain Select Subject, fitur lainnya termasuk pattern atau pola yang bisa diputar, aktivasi otomatis untuk Adobe Font saat membuka file Photoshop yang menggunakan font yang belum terinstall. Lalu, Match Font yang dapat mendeteksi font dalam gambar dan menyarankan font yang tampak serupa.

Lightroom

adobe-tingkatkan-tool-select-subject-di-photoshop-dengan-ai-edit-foto-portrait-jadi-lebih-mudah-2

Beralih ke Lightroom, Adobe telah menambahkan kontrol baru Local Hue. Di mana kita bisa membuat perubahan seperti warna kulit tanpa mempengaruhi warna keseluruhan gambar.

Sementara, di Lightroom Mobile versi iOS, Adobe menambahkan kemampuan “Edit in Photoshop“. Artinya, kita bisa langsung melanjutkan proses editing dari Lightroom Mobile ke Photoshop di iPad, tanpa perlu export dan import secara manual.

adobe-tingkatkan-tool-select-subject-di-photoshop-dengan-ai-edit-foto-portrait-jadi-lebih-mudah-3

Lanjut ke Adobe Camera Raw, Adobe merombak layout antarmukanya dan memperbarui tool pengeditan agar memberikan pengalaman pengguna yang terasa seperti Lightroom. Seperti slider baru yang mirip Lightroom, peningkatan tool crop, dan Curve UI yang lebih mudah digunakan.

Masih banyak lagi, peningkatan yang dibawa oleh Adobe pada update Creative Cloud bulan Juni ini. Hal yang cukup menarik adalah semua update kali ini terfokus untuk memanjakan para fotografer.

Sumber: Blog Adobe

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter