25 February 2015

by Glenn Kaonang

Forge Adalah Aplikasi Menggambar untuk iPad dari Pabrikan Stylus Adonit

Para pelukis digital yang mengandalkan iPad untuk berkreasi sehari-harinya pasti pernah mendengar nama Adonit. Perusahaan yang lahir dari platformcrowdfunding ini cukup dikenal berkat lini stylusJot miliknya.

Selang empat tahun setelah berbisnis di bidang hardware, Adonit kini resmi memperkenalkan aplikasi pertamanya untuk iPad. Dinamai Forge, aplikasi ini sederhananya merupakan aplikasi menggambar seperti ratusan lainnya yang bisa kita jumpai di App Store.

Meski demikian, Adonit Forge bukan sembarang aplikasi menggambar. Ia dirancang sebagai sebuah meja kerja digital bagi industri kreatif, dimana Forge bertujuan untuk mempermudah proses brainstorming secara visual.

Info menarik: Aplikasi Astropad Dapat Menyulap iPad Menjadi Papan Gambar Digital untuk Mac

Adonit Forge tidak didesain untuk menciptakan ilustrasi dari nol sampai final. Konsep yang ditawarkan oleh Adonit Forge adalah bagaimana Anda bisa menghasilkan berbagai versi gambar, proses demi proses, hanya melalui satu ide pokok saja.

Gampangnya seperti ini: Anda punya ide untuk menggambar sebuah motor Vespa. Selesai corat-coret, Anda punya satu versi Vespa dengan dua roda. Salin gambar tersebut, lalu tempatkan di layer baru dimana Anda bisa membuat versi Vespa lain dengan, misalnya, tiga roda atau tanpa spion.

Semua versi Vespa yang Anda buat akan tersimpan dengan rapi, dan Anda tidak perlu khawatir versi awal yang Anda buat ‘rusak’ akibat segudang ide yang Anda tumpahkan menjadi bebeberapa sketsa sekaligus karena Adonit Forge telah mengimplementasikan fitur layer semacam yang ditawarkan oleh Adobe Photoshop.

Info menarik: Benarkah Apple Berencana Merilis iPad dengan Sebuah Stylus?

Keunggulan lain yang ditawarkan Adonit Forge adalah Project Wall, dimana Anda bisa melihat seluruh sketsa yang Anda buat untuk satu ide tertentu. Dari sini Anda bisa mengatur dan membandingkan versi demi versi yang Anda buat guna menyempurnakan satu ide kreatif tersebut.

Adonit Forge saat ini sudah bisa diunduh tanpa dipungut biaya melalui App Store – tersedia opsi in-app purchase senilai Rp 45 ribu untuk mengaktifkan fitur Project Wall tanpa batasan. Perangkat yang kompatibel adalah iPad 3 atau lebih baru dengan iOS 8.

Sumber: Adonit Blog via TheNextWeb.