1. Startup

Adopsi Cloud di Perusahaan Sudah Tinggi dan Mulai Mencari Pemanfaatan Baru

Di perusahaan yang sudah matang dalam penerapan cloud sudah masuk dalam tahapan mengharapkan penambahan revenue

Cloud computing menjadi salah satu teknologi yang menjadi tulang punggung startup. Pasalnya cloud computing menawarkan kemudahan integrasi dan juga nilai investasi yang terjangkau, sehingga dengan biaya minimal startup sudah bisa menjalankan produk atau layanan mereka di infrastruktur cloud untuk dengan segera menjangkau calon pengguna alih-alih membangun infrastruktur sendiri. Perlahan atau pasti cloud menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan bagi industri digital era modern. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan IDC, yang didukung Cisco,dijelaskan bahwa sekarang sudah semakin jamak perusahaan menggunakan cloud, bahkan sekarang sudah masuk pada babak menuai keuntungan dan mulai mencari peluang pemanfaatan baru teknologi cloud.

Dalam laporan tersebut dipaparkan bahwa ada peningkatan sekitar 61% perusahaan pengguna cloud dibanding tahun lalu. Dari total semua responden sebanyak 68% mengungkapkan telah mengadopsi dan menggunakan cloud untuk bisnis mereka. Sisanya masih dalam tahap edukasi, perencanaan, dan ada juga yang tidak tertarik sama sekali.

Baik itu private cloud, public cloud, atau hybrid cloud sama-sama mendapat porsi perhatian yang lebih di perusahaan-perusahaan. Salah satu yang banyak digunakan adalah hybrid cloud, alasannya perusahaan menggunakan layanan cloud dari beberapa penyedia yang berbeda dan bisa dengan mudah menggabungkan aset yang ada di public cloud dan private cloud.

Teknologi cloud hadir untuk jawaban bagi mereka yang membutuhkan sebuah infrastruktur IT yang fleksibel dan mudah untuk diintegrasikan satu sama lain. Cloud sendiri difungsikan dalam berbagai bentuk di masing-masing perusahaan. Ada yang menggunakan cloud untuk arsitektur micro service , DevOps, bahkan sampai pada implementasi penggunaan IoT.

Untuk beberapa perusahaan yang sudah matang, penggunaan cloud tidak semata-mata sebagai bagian dari menghemat anggaran biaya untuk membangun infrastruktur. Cloud di perusahaan-perusahaan tersebut malah kebanyakan diharapkan bisa membantu meningkatkan revenue.

Selain itu untuk perusahaan yang matang dalam penggunaan teknologi cloud mulai melirik IoT sebagai “jodoh” teknologi cloud yang baru. Ada sekitar 62% responden perusahaan yang sudah matang dalam penggunaan cloud melihat atau berencana menjadikan cloud sebagai teknologi untuk mendukung penerapan IoT.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again