31 May 2014

by Yoga Wisesa

Adora20 3M Adalah All-in-One Ultra Slim Bertenaga APU Kabini dari MSI

Sudah bukan lagi rahasia: bagi konsumen end-user, AMD biasanya menawarkan produk yang lebih murah dibandingkan dengan sang rival berlogo biru itu. Lalu bagi produsen hardware, memanfaatkan chip besutan AMD artinya mereka dapat menekan harga jual. Langkah ini kembali diambil MSI dalam merancang PC All-in-One terbaru mereka, Adora20 3M.

MSI bukanlah pemula dalam menciptakan PC AiO. Bahkan mereka menggunakan ajang Computex tahun lalu sebagai momentum bereksperimen, memadukan konsep All-in-One dengan fungsi gaming. Tidak diduga, MSI mendapatkan respon yang positif. Itu berarti bagi mereka, bermanuver dalam perancangan All-in-One menjadi lebih mudah dan lebih mulus.

Tapi bahkan representasi MSI sendiripun mengakui, produk berkomponen AMD memiliki rata-rata harga yang lebih murah. Pendekatan ini sangat tepat: dibandingkan penjualan komponen lepas dan notebook, PC All-in-One memiliki target pasar yang lebih sedikit. Untuk membuatnya lebih populer, harga harus ditawarkan dengan lebih rendah.

MSI Adora20 3M bisa dibilang merupakan penerus PC All-in-One AE220 berkat kesamaan jenis chip yang mentenagainya, tapi perangkat ini juga menjadi alternatif non-Intel pada tipe Adora. PC ultra slim ini menggunakan APU E2-3800 quad-core dari AMD yang dilengkapi chip grafis discrete HD 8280. Memori RAM bisa Anda ekspansi hingga 16GB. Semua hardware tersebut berada di dalam body setipis 23 milimeter.

 

Info menarik: Steam Machines Besutan Alienware Akan Dibanderol Dengan Harga Murah?

 

Penampilan luarnya tidak terlalu berbeda dari keluarga Adora, dilengkapi dengan layar LED 1600x900 anti-glare berukuran 19,5-inci dengan teknologi Anti-Flicker dan Less Blue Light. Hal tersebut diusung untuk memastikan mata Anda tetap sehat dan tidak mudah merasa lelah saat bekerja di depan PC dalam waktu yang lama. Seperti sebelumnya, layar ini memiliki kemampuan multi-touch.

Dari awal, Adora20 3M memang dirancang untuk kebutuhan multimedia dan game ringan. Jangan harap Anda dapat bermain Watch Dogs dengan resolusi tinggi di sini. MSI membubuhkan teknologi Sound Blaster Cinema 2 untuk mengoptimalisasi performa suara saat Anda menggunakannya untuk menikmati film dan juga musik.

Untuk media penyimpanan, Anda bisa memilih untuk menggunakan hard disk SATAIII 2,5-inci atau SSD. Ia memiliki optical drive untuk membaca DVD. Cukup lengkap, tapi akan lebih memuaskan jika Adora20 3M dilengkapi Blu-ray drive.

Untuk konektivitasnya, PC All-in-One ini memiliki dua buah port USB 3.0, sepasang port USB 2.0, port HDMI, port audio, card reader dan Wi-Fi 802.11 b/g/n. Di bagian samping terdapat sepasang port USB 2.0 tambahan yang didukung kemampuan Super Charger.

Untuk memastikan Anda puas, MSI membundel Adora20 3M dengan software MSI SceneMax, MediaCloud dan bundel konten Pirate 101 - game petualangan online untuk buah hati Anda. Sayangnya dalam press realease mereka, MSI belum menginformasikan berapa Adora20 3M akan ditawarkan dan kapan tepatnya PC All-in-One ini tersedia di Indonesia.