25 September 2014

by wiku

[Adventures of Botchi] Bunglon Cilik Asal Indonesia yang Berkelana ke Jepang

Dirilis secara resmi Sabtu 13 September lalu, permainan digital “The Great Adventures of Botchi” (versi bahasa Inggris) atau “Botchi Petualangan” (versi bahasa Indonesia), telah dapat diunduh di Appstore.

Kisah petualangan bunglon kecil bernama Botchi yang sarat nilai moral dan pengetahuan dikemas dalam konsep interactive storybook yang menarik untuk dinikmati oleh anak bersama orang tua melalui tablet maupun smartphone.

Hanya berselang seminggu setelah rilis resminya, Botchi langsung diperkenalkan dalam sebuah event game show berskala internasional, Tokyo Game Show. Botchi terpilih bersama beberapa karya anak bangsa yang lain untuk menjadi representatif Indonesia di Tokyo Game Show. Keikut sertaan Botchi didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

“The Great Adventures of Botchi” atau Botchi dikembangkan oleh sebuah perusahaan kreatif digital di Bandung bernama Rolling Glory yang digawangi anak-anak muda. Untuk pemasaran dan publikasi sendiri Rolling Glory bekerja sama dengan Manikmaya Games, sebuah perusahaan game publishing yang juga berdiri di Bandung.

Botchi merupakan yang pertama dari seri game edukasi yang dikembangkan oleh Rolling Glory. Wastu, Creative Director sekaligus co-founder Rolling Glory menyebutkan bahwa melalui Botchi, Rolling Glory berharap bisa ikut mewarnai industri game Indonesia sembari ikut memberi manfaat bagi para pemainnya melalui konten edukatif yang disediakan.

Botchi dipamerkan di Tokyo Game Show 2014

Pada acara Tokyo Game Show 2014, Botchi menempati area Asian New Rising Star, yang berada di booth Indonesia Game and Art Studios. Ada Miss Rei yang membantu kami untuk menyebarkan merchandise bag dan berkomunikasi dengan pengunjung dalam bahasa Jepang.

Botchi hadir di Tokyo Game Show selama 2 hari, selama 2 hari itu Botchi bertemu dengan banyak orang!

Di hari pertama Botchi bertemu dengan publisher dari Jepang yang tertarik untuk bekerja sama. Perwakilan dari publisher tersebut tertarik dengan konten edukasi dan fitur-fitur permainan di dalam interactive storybook Botchi. Way to go!

Botchi juga banyak dikunjungi oleh pengunjung Jepang yang tertarik dan banyak bertanya soal interactive storybook Botchi. Tapi bukan hanya pengunjung dari Jepang yang mampir, Botchi juga bertemu praktisi games dari Tiongkok, Singapura, Hongkong, Belgium, hingga Prancis. Sebagian dari mereka tertarik untuk mempublish Botchi di negaranya dan sebagian lain ingin bekerja sama untuk mengembangkan produk yang serupa dengan Botchi.

Orangtua terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan Anak kecanduan tablet dan tenggelam dalam dunia sendiri? Botchi ada agar anak dan orang tua bisa belajar dan bermain bersama

Interaksi anak dan orang tua adalah hal yang sangat penting dalam proses tumbuh-kembang anak, namun kesibukan dalam dunianya masing-masing membuat interaksi  ini  semakin memudar. Maka dari itulah Botchi didesain agar orang tua kembali berinteraksi intim dengan buah hatinya sehingga terjadi hubungan yang dekat antara anak dan orangtua.

Melalui Botchi, Orangtua diajak untuk membantu anak dalam memahami dan meng-eksplor cerita yang ada. Storytelling dipilih sebagai media komunikasi karena Storytelling adalah aktivitas yang menghibur bagi keluarga dan merupakan cara paling efektif dalam menanamkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari.

Botchi mengajarkan nilai-nilai moral untuk anak lewat ceritanya. Berapa banyak dari kita yang belajar moral lewat cerita seperti dongeng di masa kecil?

Semua pasti memiliki "childhood hero" yang menginspirasi dan menjadikan masa kecil kita lebih menyenangkan. Seri Petualangan Botchi ingin menghidupkan karakter yang bisa diidolakan oleh anak-anak, bukan karena memiliki kekuatan super ataupun tampan/cantik secara fisik, tapi karena dia adalah satu dari anak-anak, memiliki sifat dan pengalaman yang sama dengan anak tapi berhasil menghadapi masalah dan menjadi individu yang lebih baik setelahnya.

Belajar Mengeksplorasi Warna Bersama Botchi

Aplikasi ini ditargetkan untuk anak umur 4 hingga 6 tahun, dimana mereka sedang senang-senangnya mengekplorasi dan mencoba hal baru. Storybook Botchi dirancang se-interaktif mungkin untuk merangsang anak bereksplorasi.

Dalam seri pertama ini Botchi mengajak anak untuk mencoba games mencampur warna dalam misi menyelamatkan Botchi dari kejaran si kucing asing. Tapi memangnya kucing itu pemakan bunglon dan binatang yang jahat? Untuk apa dia mengejar Botchi? Di sinilah anak dan orang tua diajak berpikir bersama untuk menemukan jawabannya, sebelum diungkap di Seri Petualangan Botchi selanjutnya.

Unduh Botchi secara Gratis di AppStore dan PlayStore

Interactive Storybook "The Great Adventures of Botchi" terdiri dari 35 halaman cerita bergambar yang interaktif, dilengkapi dengan banyak mini game, narasi, dan musik yang menarik untuk anak. Dapat di-download di App-Store untuk iOS dan Android (menyusul) secara cuma-cuma.

Game ini sendiri memfasilitasi fitur in-app purchase. Selain Interactive Storybook, nantinya Botchi juga hadir dalam bentuk casual games dan aplikasi untuk anak dan orang tua.

Botchi Merupakan Kolaborasi antara Rolling Glory dan Manikmaya Games

“The Great Adventures of Botchi” dikembangkan oleh Rolling Glory sebuah studio kreatif dijital yang bermarkas di Bandung. Seri petualangan Botchi ini merupakan bentuk implementasi niat dari Rolling Glory untuk menciptakan karya yang memberi manfaat bagi para pemain atau penggunanya. Botchi sendiri telah menerima beberapa penghargaan seperti Meri Awards di APICTA (Asian Pasific Information Communication Technology Award) Hongkong 2013 lalu.

Untuk kerja sama publikasi dan pemasaran game Botchi ini dipercayakan kepada Manikmaya Games, sebuah perusahaan game publishing asal Bandung yang berkomitmen dalam mempublikasikan game-game buatan lokal dengan konten serta nilai moral asli Indonesia. Botchi merupakan mobile game kedua yang dipublish oleh Manikmaya Games. Portofolio Manikmaya Games sendiri dipenuhi oleh beberapa permainan yang sangat mengangkat nilai budaya dan konten edukasi.


Kolom Adventures of Botchi hadir atas kerja sama Manikmaya Games dengan Trenologi. Kami akan mempublikasikan beberapa informasi atau kisah menarik secara rutin untuk membantu mempromosikan The Great Adventures of Botchi pada para pembaca Trenologi.