Digital Marketing

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Gabung Affiliate Marketing di Involve Asia

Dulu, seorang affiliate marketer biasanya bergerak sendiri untuk mencari promotor. Kini, melalui platform affiliate marketing manager, Anda bisa bisa menjadi seorang affiliate dengan mudah tanpa harus mencari advertiser melalui Involve Asia.

Involve Asia sendiri adalah platform yang mewadahi Anda sebagai affiliate marketer terhubung dengan para advertiser yang beroperasi di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Sebagai affiliate marketing platform, Involve Asia sudah terhubung dengan berbagai perusahaan e-commerce markerplace dan perusahaan ritel yang tersebar di Asia Tenggara.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menjadi affiliate marketing di Involve Asia. Apa saja kah itu? Berikut penjelasannya.

Proses Verifikasi Akun

Sebelum Anda terjun sebagai affiliate marketing di Involve Asia, pastikan Anda memiliki properti. Apa itu properti?

Properti merupakan media yang digunakan oleh Anda sebagai wadah untuk membagikan tautan yang diberikan oleh advertiser. Bisa berupa blog maupun media sosial.

Ketika melakukan pendaftaran, Anda diminta untuk memilih beberapa kategori platform. Mulai dari URL properti, tipe properti, kategori properti, hingga traffic audience.

Setelah pendaftaran, nantinya sistem akan melakukan verifikasi akun paling lambat 48 jam setelah akun dibuat. Selama masa verifikasi, Anda belum bisa lakukan pengajuan promosi kepada advertiser.

Tidak ada persyaratan pasti bagaimana proses verifikasi akun bisa berhasil. Namun biasanya sistem akan mengidentifikasi rekam jejak properti yang Anda miliki, kesesuaian jenis dan kategori properti, hingga konten-konten yang pernah diunggal di dalam properti.

Baca juga: Cara Daftar Involve Asia sebagai Affiliate Marketing

Sistem Pembayaran Komisi Involve Asia

Setiap platform memiliki kebijakan campaign yang berbeda-beda termasuk Involve Asia. Kebijakan ini yang nantinya akan memengaruhi bagaimana Anda mempromosikan produk dari advertiser.

Mulai dari komisi misalnya, Involve Asia memiliki jangkauan komisi yang berbeda-beda tergantung jenis klik. Mulai dari CPA (Cost Per Action), CPS (Cost Per Sales), dan CPUC (Cost per Unique Click).

Anda bisa menyimak tentang CPA, CPS, dan CPUC secara lengkap di sini.

Involve Asia juga memiliki dua jenis campaign, yaitu campaign secara langsung dan campaign yang memerlukan persetujuan. Untuk campaign langsung, Anda bisa melakukan promosi tanpa harus melakukan pengajuan kepada pihak advertiser.

Sedangkan campaign yang membutuhkan persetujuan dari advertiser, Anda harus mengajukan promosi yang biasanya disetujui dalam waktu 2 hingga 3 hari.

Pelajari Fitur-Fitur yang Ada di Involve Asia

Meski pada proses verifikasi Anda belum bisa menggunakan akun, Anda tetap bisa mengeksporasi dan mempelajari beberapa fitur yang ada di dashboard Involve Asia.

Mulai dari fungsi laporan yang terdiri dari laporan pasar konsumen untuk melihat potensi keuntungan dari advertiser. Melalui fungsi ini, Anda bisa mempertimbangkan advertiser mana yang akan Anda pilih berdasarkan tingkat sales-nya.

Selain laporan pasar konsumen, ada juga fungsi laporan performa yang memberikan data penampilan tautan affiliate marketing yang Anda promosikan.

Fungsi yang tidak kalah penting adalah generator deeplink yang berfungsi untuk membuat tautan page yang akan dipromosikan.

Intinya, sebelum menggunakan platform affiliate markeitng, pastikan Anda mempelajari dan mengeksplorasi fitur-fitur yang disajikan.

Bangun Branding Properti Anda

Jika mengacu pada poin pertama dan kedua, sebenarnya secara tidak langsung Anda harus memiliki brand yang baik pada properti yang Anda miliki.

Meski bukan menjadi persyaratan khusus dan tertulis, poin ini menjadi penting apabila Anda ingin sukses menjadi seorang affiliate marketing melalui Involve Asia.

Misalnya, pada poin pertama, Involve Asia meminta Anda untuk memilih tipe dan kategori properti. Misal, kategori kecantikan, fashion, atau elektronik.

Otomatis, Anda harus memiliki properti yang memiliki branding yang sesuai dengan kategori tersebut.

Analoginya begini, Anda ingin mempromosikan produk kecantikan. Namun properti Anda lebih banyak membahas produk elektronik atau bahkan belum memiliki branding apa pun.

Tentu hal tersebut akan menyulitkan Anda untuk mendapatkan konversi. Ditambah sistem campaign yang diterapkan oleh Involve Asia merupakan CPUC atau Cost per Unique Click

Sehingga mau tidak mau Anda harus memiliki properti yang niche namun memiliki audience yang banyak.

Itulah beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum Anda bergabung sebagai affiliate marketing di Involve Asia. Ikuti terus artikel dari Kami, Trikinet dan DailySocial untuk informasi seputar bisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter