AI Ciptakan Film Kartun Hanya Berdasarkan Deskripsi Teks yang Diberikan

AI Ciptakan Film Kartun Hanya Berdasarkan Deskripsi Teks yang Diberikan

Berbagai elemen dari klip yang berbeda bakal disatukan demi menciptakan klip yang benar-benar baru dan sesuai dengan deskripsinya
Sejumlah contoh klip yang bisa dihasilkan si AI / YouTube
Sejumlah contoh klip yang bisa dihasilkan si AI / YouTube

Pernahkah terbayang di benak Anda bahwa di masa yang akan datang, film kartun tak lagi dibuat oleh sekelompok animator, melainkan sepenuhnya oleh AI (artificial intelligence)? Tidak usah membayangkan, sebab para peneliti dari Allen Institute for Artificial Intelligence dan North American University of Illinois Urbana-Champaign sudah mencoba untuk mewujudkannya.

Dalam sebuah video demonstrasi, AI racikan mereka rupanya sanggup membuat beberapa klip baru dari kartun lawas The Flintstones berdasarkan deskripsi teks yang diberikan. Karakter, objek maupun lokasi yang ada di klip video hampir pasti selalu sesuai dengan deskripsinya.

Ini dimungkinkan karena sang AI sebelumnya sudah dilatih dengan material berupa 25.000 klip video Flintstones, masing-masing berdurasi tiga detik. Hasilnya memang tidak sempurna, seperti contohnya pada klip yang menunjukkan sang lakon, Fred, sedang mengemudi mobil. Tampak bahwa sisi kiri tubuhnya terpotong, pertanda bahwa adegan ini diambil dari material yang dipelajarinya.

Itu juga yang menjadi alasan mengapa kualitas gambarnya cukup jelek. Kendati demikian, yang diprioritaskan untuk saat ini adalah bagaimana AI bisa menghasilkan output adegan yang sesuai dengan deskripsi teks, menyatukan elemen-elemen dari klip yang berbeda guna menciptakan suatu klip yang benar-benar baru.

Menurut saya ini bukanlah pertanda bahwa profesi animator mulai terancam. Ketika AI semacam ini sudah benar-benar matang, studio animasi semestinya bisa memanfaatkannya untuk membantu menghemat waktu pembuatan, bukan menggantikan posisi animator sepenuhnya.

Sumber: Gizmodo.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…