24 April 2020

by Glenn Kaonang

Airbnb Online Experiences Tawarkan Beragam Aktivitas Menarik yang Bisa Diikuti dari Kediaman Masing-Masing

Meditasi bersama seorang biksu? Diskusi seputar kopi? Siapkan saja aplikasi Zoom di laptop atau smartphone

Diluncurkan di tahun 2016, Airbnb Experiences merupakan sekumpulan aktivitas menarik yang digelar oleh penduduk lokal di berbagai negara. Namun berhubung dunia sedang dilanda pandemi, program ini harus ditutup untuk sementara waktu.

Namun situasi yang tidak ideal seperti ini rupanya tidak bisa mencegah kreativitas para host. Sejak masyarakat di berbagai belahan dunia dianjurkan untuk membatasi kegiatan di luar rumah, sejumlah host mulai menggelar aktivitas secara online, yang pada akhirnya menginspirasi Airbnb untuk meluncurkan Online Experiences.

Seperti Airbnb Experiences, Airbnb Online Experiences juga menawarkan sederet aktivitas unik dari komunitas host Airbnb. Bedanya, aktivitasnya berlangsung lewat platform video conference Zoom ketimbang bertatap muka secara langsung.

Sejauh ini sudah ada lebih dari 50 aktivitas menarik yang tercantum pada katalog Airbnb Online Experiences yang digelar oleh host di lebih dari 30 negara. Tarifnya cukup beragam, mulai $1 sampai $40, dan durasi setiap aktivitasnya juga bervariasi.

Beberapa contoh Online Experiences yang tersedia mencakup meditasi bersama seorang biksu, tur ke Chernobyl bersama anjing-anjing liar di sana, konsultasi bersama atlet Olimpiade, workshop sound effect film-film Hollywood, sampai yang sesimpel diskusi dengan seorang pencinta kopi.

Sebelum memesan, konsumen bisa melihat lebih dulu jadwal yang tersedia dan menyesuaikan dengan waktu luangnya masing-masing. Konsumen juga bisa melihat barang-barang apa saja yang perlu disediakan (kalau ada) agar aktivitasnya bisa berjalan semenarik mungkin.

Airbnb menjanjikan bakal ada ribuan aktivitas online menarik dalam beberapa bulan ke depan. Seandainya Anda punya ide seputar aktivitas menarik yang bisa dilangsungkan secara online via Zoom dan tertarik menjadi salah satu host, silakan langsung kunjungi situs Airbnb.

Sumber: Observer dan Airbnb.