StartupGadget

AirBoard Merupakan Segway Tanpa Setang yang Dirancang untuk Daerah Perkotaan

Berkelana di jalanan perkotaan bisa dilakukan dengan banyak cara. Kendaraan bermotor adalah opsi paling populer, namun banyak juga yang memilih alat bantu seperti skateboard, skuter atau Segway sebagai alat transportasi jarak dekat.

Bagi yang belum tahu, Segway merupakan sejenis skuter dengan dua roda besar pada bagian samping. Menggunakannya sangat sederhana: pengguna hanya perlu berdiri di atasnya dan memiringkan badannya – ke depan untuk maju, ke belakang untuk mundur dan berhenti.

Sebuah perusahaan asal London bernama AirWheel rupanya merasa Segway masih kurang sederhana. Mereka pun menciptakan AirBoard, hasil persilangan Segway dan skateboard yang dirancang untuk daerah perkotaan.

 

Info menarik: Onewheel, Skateboard Beroda Tunggal yang Siap Melahap Segala Medan

 

AirBoard berwujud seperti papan kecil dengan dua roda kecil di bagian sampingnya. Sama seperti Segway, ia dapat menyeimbangkan dirinya sendiri dengan bantuan gyroscope, dan penggunanya hanya perlu memiringkan badannya untuk bergerak maju atau mundur. Untuk menikung, cukup miringkan badan ke kiri atau kanan.

Bentuk penyederhanaan Segway yang ditawarkan AirBoard adalah hilangnya setang pada bagian depan. AirBoard tidak akan bergerak sebelum ada sepasang kaki yang berdiri di atasnya. Lebih pintar lagi, AirBoard akan langsung mengerem saat pengguna menurunkan kakinya.

 

Bagian dalam AirBoard dihuni oleh motor elektrik yang sanggup membawanya hingga kecepatan 19 km/jam. Jarak yang dapat ditempuh berkisar antara 11 sampai 14 km – tergantung kondisi jalan, suhu dan bobot pengguna.

Kepintaran AirBoard masih belum habis. Ia menggunakan teknologi yang biasa diimplementasikan pada mobil-mobil ramah lingkungan, dimana ia tidak akan mengonsumsi daya saat sedang memelan atau meluncur menuruni tanjakan.

AirBoard menggunakan baterai lithium berkapasitas 132 Wh. Waktu pengisian baterai yang diperlukan hanya sekitar satu jam dari habis hingga penuh. Praktis dan fungsional.

 

Info menarik: ExoDrive Adalah Casing dengan Slot microSD untuk Smartphone Android

 

Dengan bobot hanya 9,8 kg, AirBoard diproyeksikan sebagai alat transportasi portabel bagi para pekerja kantoran. AirBoard sendiri mampu membawa pengguna dengan bobot hingga 100 kg. Fisiknya yang tahan air membuatnya bisa digunakan di saat hujan.

Harga yang dipatok untuk satu unit AirBoard cukup tinggi, yakni $755, atau sekitar Rp 9,5 juta. Anda bisa melakukan pre-order langsung di situs AirWheel – AirWheel melayani pengiriman internasional dengan biaya tambahan $150 (Rp 1,9 juta).

Sumber: AirWheel via Mail Online.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again