Airdrop: Pengertian, Cara Mendapatkan dan Cara Penggunaan

Kamu tertarik untuk menggunakan Airdrop? Yuk, simak tulisan berikut ini.

Sebagai pemula yang ingin mempelajari perdagangan aset digital, kamu harus memahami istilah-istilah yang seringkali digunakan, lho. Mungkin salah satu istilah ini tak lagi asing didengar bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia kripto ini. Airdrop crypto, nah bagi kamu yang baru mendengar istilah ini, simak tulisan berikut, ya!

Pengertian Airdrop

Jadi, airdrop merupakan pengiriman aset gratis berupa kripto baik ke individu maupun komunitas. Biasanya, penerima akan dikirimkan aset kriptonya ke dompet elektroniknya langsung. Pembagian aset kripto gratis ini merupakan bagian dari strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran publik akan kehadiran sebuah produk aset kripto baru. Selain itu, pemberian aset kripto gratis ini bertujuan untuk meningkatkan volume trading di platform exchange saat pertama kali dirilis Initial Coin Offering (ICO). Perusahaan atau penyelenggara akan menginformasikan tanggal saat ingin melakukan airdrop.

Cara Mendapatkan Airdrop

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan airdrop, antara lain:

  1. Airdrop Standard

Untuk airdrop jenis ini sangat mudah, kamu cukup sekadar mendaftarkan diri dengan mengirimkan nama serta alamat email saja agar mendapatkan notifikasi dari situs penyedia pilihanmu.

  1. Bounty Airdrop

Nah, kalau kamu ingin mendapatkan airdrop dengan jenis ini, kamu diharuskan untuk membuat postingan tertentu berisi tautan situs penyedia airdrop di sosial mediamu, seperti Twitter. Tujuannya, untuk mengajak pengikut akunmu agar berpartisipasi dan mendapatkan airdrop. Setelah kamu berhasil menyelesaikan tugas yang diperintahkan seperti membuat postingan tadi, maka kamu akan menerima aset kripto.

  1. Holder Airdrop

Holder Airdrop, metode ini mewajibkan kamu untuk menyimpan aset kripto tertentu seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) di dompet digital yang kamu punya. Pastinya, kamu bisa mendapatkan aset airdrop sesuai dengan rasio yang ditentukan oleh  penyedia.

  1. Exclusive Airdrop

Sesuai dengan nama jenisnya, pembagian airdrop ini tentunya sangat eksklusif. Airdrop jenis ini biasanya dibagikan oleh situs web penyedia airdrop atau akun media sosial yang memiliki banyak followers. Jadi, kalau kamu adalah anggota dari situs web tersebut atau pengikut media sosialnya, maka kamu berhak untuk berpartisipasi menjadi penerima airdrop eksklusif ini.

Cara Menggunakan Airdrop

Kalau kamu berminat menggunakan airdrop, berikut informasi mengenai cara penggunaan airdrop.

  1. Gunakan Media Sosial yang Aktif

Nah, pastikan sosial mediamu aktif, karena media sosial bisa dibilang merupakan cara paling cepat untuk mempromosikan koin baru secara luas. Media sosial yang paling sering digunakan antara lain: Facebook, Twitter, hingga Telegram. Kalau kamu hanya ingin bermain airdrop standard saja sebagai penerima, media sosialmu sudah cukup untuk dijadikan syarat dasar mendapatkan airdrop. Tapi, kamu bisa memanfaatkan media sosialmu untuk mengembangkan networking dengan cara menambah jumlah pengikut atau sekadar teman sehobi.

  1. Membuat Akun MEW

My Ether Wallet atau biasa disingkat MEW, merupakan akun dompet digital yang digunakan untuk bermain token/ICO. Kamu bisa mendaftar dengan mudah pada tautan berikut: https://www.myetherwallet.com. Kalau kamu sudah mempunyai akun berikut, nantinya saldo airdropmu akan dikirimkan langsung ke dompet digital ini.

  1. Membuat Akun Indodax

Akun Indodax ini umumnya digunakan apabila kamu ingin membeli atau menjual koin yang kamu miliki. Indodax merupakan salah satu platform terbesar di Indonesia yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli koin. Jadi, koin yang telah kamu kumpulkan dari program airdrop, bisa kamu tukarkan langsung dengan mata uang Rupiah melalui akun Indodax. Selain itu, koin yang kamu tukarkan bisa langsung masuk ke saldo rekeningmu, lho. Untuk menghindari terjadinya penipuan, saat mendaftarkan akun Indodax kamu diharuskan untuk mengunggah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto selfiemu dengan KTP, dan beberapa persyaratan lainnya.

  1. Mengikuti Program Airdrop

Kamu bisa manfaatkan media sosialmu untuk mencari informasi mengenai program airdrop. Cukup dengan mengetik “airdrop” pada laman pencarian media sosialmu. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan grup mengenai airdrop crypto. Kemudian, kamu cukup patuhi peraturan dan mengerjakan syarat yang diperintahkan untuk mendapatkan airdrop.

  1. Melakukan Penarikan Airdrop

Biasanya dibutuhkan sekitar satu sampai dua bulan setelah airdrop atau sebelum token diterima. Dikarenakan banyaknya airdrop yang terjadi sebelum atau selama periode penjualan token. Dianjurkan untuk tidak meninggalkan program airdrop di media sosial selama airdrop masih berlangsung. Kamu tidak diperkenankan melakukan transaksi penjualan sebelum distribusi airdrop selesai. Untuk memeriksa token, kamu dapat mengakses Etherscan. Selanjutnya, ketik alamat ETH pada laman pencarian. Kalau tokenmu sudah masuk, maka akan terlihat di token tracker. Selanjutnya, kamu dapat menarik tokenmu melalui MEW.

Berikut informasi mengenai airdrop. Kalau kamu ingin serius menggeluti airdrop ini, kamu bisa perluas jaringanmu dengan memanfaatkan akun sosial media yang kamu miliki!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again