Akamai : Kecepatan Internet Indonesia Naik Tajam, Tapi Masih Jauh Tertinggal

Akamai : Kecepatan Internet Indonesia Naik Tajam, Tapi Masih Jauh Tertinggal

Akamai State of Internet
Akamai State of Internet

Pada kuarter kedua tahun 2012, rata-rata kecepatan koneksi internet secara global naik ke angka 3 Mbps. Kecepatan rata-rata global ini naik sekitar 13 persen jika dibandingkan dengan kuarter pertama tahun ini. Fakta ini dirilis Akamai dalam laporan State of the Internet untuk kuarter kedua tahun 2012.

Pertumbuhan ini dipimpin oleh Korea Selatan, Jepang dan Hong Kong, yang kecepatan internet rata-ratanya secara konsisten menempati tiga tempat teratas dalam daftar Akamai. Korea Selatan mempunyai kecepatan internet rata-rata 14.2 Mbps, Jepang 10.7 Mbps, sedangkan Hong Kong mempunyai kecepatan rata-rata 8.9 Mbps.

China mempunyai percepatan rata-rata kecepatan internet secara global paling tinggi. Dibandingkan tahun 2011, kecepatan rata-rata internet di China naik 29%. Meskipun jika dilihat dari kecepatan rata-ratanya, China hanya menempati urutan ke-97 dengan kecepatan rata-rata hanya 1.5 Mbps.

Kondisi Internet di Indonesia

Indonesia, menempati peringkat ke-127 dengan rata-rata kecepatan internet pada kuarter kedua tahun 2012 ini sebesar 0.8 Mbps. Angka 0.8 Mbps tersebut merupakan yang terendah dari negara-negara Asia Pasifik yang disurvei. Indonesia kalah dari negara-negara tetangga Filiphina (1.2 Mbps), Vietnam (1.6 Mbps), Malaysia (2.2 Mbps), dan Thailand (3.7 Mbps)

Indonesia juga masih ketinggalan dalam hal tingkat adopsi broadband. Tingkat adopsi broadband Indonesia hanya 0.8%, yang paling rendah diantara negara-negara yang disurvei. Satu tingkat di atas Indonesia adalah India, dengan tingkat adopsi 1.4%.

Tetapi peningkatan kecepatan internet tahun ke tahun Indonesia, cukup menggembirakan. Bersama Jepang, India, China, dan Australia, Indonesia masuk ke dalam negara-negara yang kecepatan internet rata-ratanya naik sebesar 20% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Jika dibandingkan dengan kuarter pertama tahun 2011, kecepatan rata-rata internet Indonesia naik 7.2%.

Rata-rata kecepatan puncak internet di Indonesia juga mengalami peningkatan yang paling tinggi dibandingkan dengan semua negara yang disurvei. Meskipun kecepatan internet paling tinggi di Indonesia hanya 8.4 Mbps, tetapi angka tersebut 93% lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu dan 66% lebih baik dibandingkan dengan kuarter pertama tahun ini.

Hasil survei Akamai ini menunjukkan bahwa peningkatan telah terjadi di Indonesia. Tetapi jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih sangat ketinggalan. Usaha yang dilakukan selama ini, meskipun telah terlihat hasilnya, tidak boleh dihentikan dan justru akan lebih bagus jika bisa ditingkatkan lagi.

Via : ZDNet.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…