Akamai: Pertumbuhan Rata-Rata Koneksi Internet Indonesia 86 Persen per Tahun

Akamai, lembaga yang melakukan observasi terhadap tren dan lalu lintas Internet, baru-baru ini merilis laporan terbaru mengenai kondisi internet dunia. Laporan berjudul "State of The Internet Q4 2012" membahas beberapa poin penting. Apa saja poin-poin tersebut?

Secara umum, didapati bahwa rata-rata kecepatan koneksi global meningkat sebanyak 5 persen menjadi 16,6 Mbps pada Q4 2012 lalu. Sementara kecepatan koneksi puncak global meningkat 35 persen. Indonesia sendiri mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik dengan angka pertumbuhan rata-rata koneksi internet per tahun sebesar 86 persen dan kecepatan koneksi puncak meningkat 21 persen ke angka 1,4 Mbps.

Sementara itu, untuk konektivitas internet melalui jaringan perangkat seluler, data dari Ericsson menunjukkan bahwa lalu lintas data seluler naik dua kali lipat pada kuartal keempat 2012 jika dibandingkan dengan kuartal keempat 2011. Apple Mobile Safari masih mendominasi lalu lintas data seluler dengan 58,7% permintaan data, sementara Android Webkit hanya mengambil 21,7% permintaan data.

Jika Anda tertarik untuk melihat lebih lengkap mengenai laporan State of The Internet dari Akamai, Anda bisa mengunjungi halaman resmi laporan tersebut di tautan ini.