1. Startup

Akan Hadir, Nokia Lumia Developer Day di Bandung (Updated)

Tanggal 4 - 5 Februari 2012 ini, Bandung sepertinya akan menjadi sebuah 'medan perang' bagi para developer yang ingin mengembangkan aplikasi untuk perangkat Windows Phone.

Microsoft dan Nokia menyelenggarakan acara The Amazing Nokia Lumia Developer Day, tidak tanggung-tanggung sebanyak 800 developer dikatakan akan ikut andil dan coding selama 24 jam. Dalam pengumuman resminya bahkan acara ini dikatakan akan memecahkan rekor MURI.

Acara akan diadakan pada tanggal 4 - 5 Februari 2012 bertempat di Graha Manggala Siliwangi, Bandung. Sebagai hadiah, 8 aplikasi terbaik akan mendapatkan Nokia Lumia 800, dan semua aplikasi akan dimasukkan ke dalam Windows Phone Marketplace.

Sayangnya detail acara belum tersedia atau dijelaskan secara rinci dari poster yang ada. Saya mencoba mengontak beberapa pihak untuk mendapatkan detailnya dan akan saya update begitu mendapatkan informasi tambahan. (Update, cek bagian bawah artikel).

Nokia Lumia memang belum tersedia di Indonesia, beberapa kabar mengatakan bahwa bulan depan dua seri dari ponsel ini akan masuk ke Indonesia, apakah acara ini juga menjadi salah satu langkah bagi Nokia untuk mempersiapkan kehadiran ponsel berbasis Windows Phone ini? Bisa jadi.

Tentu aplikasi menjadi bagian penting dari kehadiran ponsel pintar, apalagi dengan menyasar penguna medium ke atas, smartphone tentunya harus bisa mengerjakan berbagai kegiatan selain fungsi dasar, bahkan mungkin kini bagi perangkat pintar, aplikasi telah menjadi fungsi dasar.

Apalagi kalau melihat strategi Nokia yang berhubungan dengan developer, berbagai kegiatan yang developer sentris menjadi ciri dalam mengembangkan ekosistem dan mendorong hadirnya berbagai aplikasi. Tentunya persiapan lain seperti masuknya Indonesia dalam daftar marketplace juga harus dipersiapkan.

Kita nantikan acara developer day ini, saya sendiri juga akan berusaha untuk hadir dan melihat seperti apa antusiasme para developer dalam mengembangkan aplikasi untuk ponsel Nokia - Microsoft ini. Informasi tentang acara bisa dilihat pada tautan berikut.

Update: Seperti yang saya janjikan, berikut beberapa update informasi yang saya dapatkan dari Firstman Marpaung (Nokia Developer Champion) – Windows Phone Developer Opportunity tentang acara Nokia Lumia Developer Day ini.

Tidak ada persyaratan untuk peserta atau developer yang ingin ikut acara ini, hanya passion untuk coding dan mendaftarkan diri dengan mengontak CP yang sudah ada. Pendaftaran via email sedang dalam penyusunan. Pendaftaran juga bisa melalui kordinator kampus atau komunitas.

Developer membawa laptop sendiri, konsumsi akan disediakan di venue, tentunya developer bisa menginap di sana. Untuk fasilitas lain, disediakan pula bus dari Sumedang, Cianjur, Sukabumi serta Jakarta (2 bus). Acara hackday akan berlangsung mulai pukul 7 malam (hari pertama) sampai dengan pukul 10 pagi (hari kedua).

Berikut jadwal acara:

10.00 –  10.05: Opening stage by MC 10.05 –  10.15: Welcoming speech by Nokia Indonesia 10.15 –  10.20: Bridging MC 10.20 –  10.30: Welcoming speech by Microsoft 10.30 –  10.40: MURI 10.40 –  10.45: Bridging MC 10.45 – 11.45: Kresna Dewantara (Microsoft Most Valuable Professional) – Windows Phone Platform Overview 10.45 –  12.00: Bridging MC 12.00 – 13.00: LUNCH 13.00 – 13.05: MC opening session 2 13.05 – 14.05: Firstman Marpaung (Nokia Developer Champion) – Windows Phone Developer Opportunity 14.05 – 14.08: Bridging MC 14.08 – 15.08: Risman Adnan (Microsoft Indonesia) – Smooth Streaming & Azure Platform 15.08 – 15.10: Bridging MC 15.10 – 16.10: Erick Kurniawan (Nokia Developer Champion) - Silverlight for Windows Phone  16.10 – 16.13: Bridging MC 16.13 – 17.13: Andri Yadi (Nokia Developer Champion) - Windows Phone & Azure Web Services 17.13 – 18.00: Break 18.00 – 19.00: Dinner 19.00 – 19.05: Bridging MC 19.05 – 10.00: Puja Pramudya  (Microsoft MVP) – Coding 24 Hours

Update 2: Pendaftaran via email: ncoding@hotmail.com ncoding24@hotmail.com.

Ada beberapa informasi tambahan lain. Acara developer day ini berupa workshop dan bersertifikat, jadi peserta bisa mendapatkan berbagai informasi tentang pengembangan untuk Windows Phone, proses coding bisa dijadikan sarana belajar, lomba aplikasi/pembuatan aplikasi tidak wajib, namun yang sudah jadi akan dilombakan. Menurut informasi developer dari Surabaya dan Madura juga akan hadir.

Untuk laptop masing-masing peserta tidak wajib membawa, bisa berbarengan dengan peserta lain (misalnya satu untuk beberapa orang). Aplikasi yang dikembangkan bisa secara perorangan atau kelompok. Acara coding akan dipandu oleh MVP di panggung dan juga akan dibantu oleh 20 orang MSP Bandung, Bogor dan Jakarta dan menjadi tutor untuk membantu para peserta. Dan peserta tidak usah khawatir akan konsumsi karena akan diberikan secara lengkap. :)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again