23 January 2014

by Yoga Wisesa

Akan Seperti Inikah Penampilan Apple iWatch?

Walaupun sudah cukup banyak beredar di pasar, ada beberapa alasan mengapa konsumen masih enggan memiliki smartwatch.

Untuk device yang dibanderol cukup mahal, produsen belum mampu menghadirkan daya tahan dan fleksibilitas untuk membungkus fitur canggih yang ada di dalamnya. Tidak sedikit orang yang merasa lebih repot ketika mengenakan smartwatch ketimbang menggunakan jam tangan biasa.

Tapi hal itu tidak menghentikan para desainer menciptakan desain-desain smartwatch terbaru. Dan kali desainer Todd Hamilton mendapatkan inspirasi untuk merancang konsep terbaru iWatch - sebuah device wearable yang kejelasannya hingga saat ini sama sekali belum dikomentari Apple. Ia mengerti apa yang kurang baik dari rancangan-rancangan sebelumnya, dan kali ini Hamilton mencoba mengombinasi dua konsep yang berbeda.

Jika sebelumnya rancangan konsep iWatch tampak kurang menjanjikan - dengan desain kotak ala Galaxy Gear dari Samsung. Untuk desain baru ini Todd Hamilton mengkombinasi bentuk Nike Fuelband dengan fungsionalitas platfrom Apple iOS 7, navigasi dilakukan dengan men-slide bagian layar secara horizontal ataupun vertikal. Dan tampaknya sang desainer mencoba meminimalisir sudut pada konsep iWatch terbarunya.

 

Info menarik: FiLIP Smartwatch, Jam Tangan Pintar Untuk Keamanan Si Buyung

 

Dari website pribadinya, Hamilton menjelaskan, "Awalnya saya mulai dengan beberapa gambar sketsa tampilan 3D perangkat ini. Saya merancang desain bentuk 'band' sederhana dengan layar sentuh melengkung di bagian depan. Untuk kontrol fisik, saya menempatkan satu buah tombol sebagai home button, dan terdapat dua buah tombol lagi di bagian samping untuk kontrol volume."

"Untuk tombol lock sendiri, saya mendesain interface sederhana dengan warna hitam dan putih yang memperlihatkan waktu, tanggal dan sebuah tombol untuk mengaktifkan Siri," ungkap Hamilton. Ia melanjutkan, "Dari sini Anda bisa melakukan beberapa hal: tap untuk menggunakan Siri, geser ke atas untuk meng-unlock atau tarik ke bawah utnuk melihat notifikasi."

Sang desainer mengaku saat membuat desain ini, ia membayangkan melakukan gerakan tersebut saat mengenakan arloji pintar. Untuk akses ke app sendiri, layar menyajikan empat aplikasi secara berjajar dan Anda bisa melihat aplikasi selanjutnya dengan men-swipe layar. Seperti iDevice lain, menekan tombol home akan mengembalikan Anda ke lockscreen.

 

Info menarik: Intel Perkenalkan Sejumlah Teknologi Ciamik Mulai RealSense, Smartwatch dan Komputer Seukuran SD Card

 

Dengan menggunakan desain sporty ini, Todd mengarahkan penggunaan iWatch 'hasil karyanya' ini untuk aplikasi kesehatan dan olah raga. Untuk konektivitas datanya sendiri, sang desainer mengungkapkan bahwa iWatch akan kemungkinan besar akan tersambung ke iPhone via Bluetooth karena, "Biasanya iPhone tidak akan jauh dari jangkauan penggunanya." Bahkan ketika mereka berolah raga - kecuali mungkin saat ber-surfing atau berenang.

Jujur, desain iWatch miliknya memang jauh lebih keren dan sporty dibandingkan rancangan sebelumnya yang terkesan terlalu... kaku dan konservatif. Saya tambatkan gambar desain kotak di bawah.

Dan ini video demonstrasi iWatch milik Todd Hamilton.

Via Dailymail.co.uk. Sumber gambar: Toddham.com.