10 December 2013

by Bambang Winarso

Akhirnya Chipset 64-Bit Pertama Buatan Qualcomm Resmi Diperkenalkan

Kemunculan chipset 64-bit dari Qualcomm bisa dikatakan hanya tinggal menunggu waktu, namun mungkin Anda tak mengira Qualcomm akan merilis komponen terbaru ini lebih cepat dari yang diprediksikan. Sebab sebelumnya Qualcomm dikabarkan berencana memanfaatkan pagelaran CES 2014 untuk mengumumkan kehadiran chipset 64-bit mereka.

Melalui sebuah rilis press Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 410, chipset 64-bit pertama yang konon kabarnya punya kemampuan spesial. Bukan sebuah kejutan besar jika Snapdragon 410 ini mengantongi beragam fitur baru, predikatnya sebagai komponen terbaru plus 64-bit pertama mendorong orang untuk berharap lebih banyak. Tapi yang justru menjadi kejutan, chipset 64-bit pertama ini malah didesain untuk perangkat seharga $150 atau bahkan yang lebih murah.

Apakah ini berarti berita baik atau berita buruk?

Jika menilik lebih dalam, sudah barang tentu akan ditemukan sejumlah fitur dan kemampuan baru di Snapdragon 410 ini. Pertama, chipset ini mendukung jaringan super cepat 4G LTE, kedua menurut Qualcomm, chipset ini mengantongi kemampuan grafis handal berkat dukungan Adreno 306 GPU sehingga mendukung video 1080p, mendukung perangkat dual ataupun triple SIM. Selanjutnya dukungan kamera 13MP ke atas, GPS dan GLONASS, WiFi, serta dukungan NFC ataupun Bluetooth. Chipset Snapdragon 410 kian merakyat dengan dukungan hampir semua platform baik Android, Windows Phone maupun Firefox.

Menurut Qualcomm, model sampel Snapdragon 410 untuk para vendor diperkirakan akan mulai tersedia paruh pertama 2014 dan akan mulai di pasang ke perangkat di paruh kedua 2014.

Kehadiran Snapdragon 410 bisa jadi pilihan bagi vendor yang ingin memasarkan perangkat berbanderol terjangkau, dalam hal ini konsumen kian diuntungkan. Prosesor ini diperuntukkan bagi perangkat dengan harga $150 atau yang lebih murah. Kehadiran kemampuan 4G LTE untuk perangkat 'murah' tentunya cukup menarik. Lebih menarik lagi untuk menantikan kemampuan dari produk yang akan mengadopsi Snapdragon 410 ketika sudah tersedia di pasaran.

Sumber berita Allthingsd, Techradar dan gambar ilustrasi dari situs Qualcomm.