Aksaramaya Gandeng LIPI Press Luncurkan ePustaka Ilmiah Melalui Moco

Aksaramaya Gandeng LIPI Press Luncurkan ePustaka Ilmiah Melalui Moco

read mobile
read mobile

Setelah menggandeng UGM Press, aplikasi Social Reading Moco besutan PT Woolu Aksara Maya kali ini bekerja sama dengan LIPI Press. Kerja sama ini bertujuan untuk menyebarluaskan bacaan ilmiah berkualitas kepada masyarakat. Buku-buku terbitan dari LIPI press ini akan dikonversi menjadi format eBook dan dapat dinikmati dengan akses melalui ePustaka LIPI Press pada aplikasi Moco. Saat ini sudah tersedia 22 judul buku terbitan LIPI Press yang ada di ePustaka LIPI Press dan akan terus bertambah.

Kepala UPT Balai Media dan Reproduksi LIPI (LIPI Press) Rahmi Lestari Helmi mengungkapkan bahwa kerja sama dengan Moco dalam membuat ePustaka ini adalah salah satu upaya LIPI Press untuk mendistribusikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas dengan cara yang lebih cepat dan mudah.

“Dengan digital, proses distribusi buku menjadi lebih mudah, terutama dari segi waktu, biaya dan jangkauan. Kemudahan inilah yang dibutuhkan oleh kami sebagai penerbit dan juga oleh masyarakat. Kami akan terus bekerjasama dengan Moco untuk menambah koleksi buku ePustaka LIPI Press, sehingga semakin banyak buku terbitan LIPI Press yang bisa diakses oleh masyarakat,” jelas Rahmi dalam rilis persnya.

Saat ini Moco tersedia di Google Play untuk smartphone Android, App Storeuntuk perangkat Apple dan juga untuk Windows yang bisa diunduh di Windows Store dan  ePustaka ini sendiri telah diluncurkan pada 8 Desember 2014, bersamaan dengan acara Pemberian Penghargaan dan Bedah Buku LIPI di Ged. PDII LIPI, Jakarta.

Selain LIPI Press, puluhan penerbit dan institusi lain telah dan segera bergabung dengan MOCO untuk membuat ePustaka. Dibuatnya ePustaka ini memberikan kemudahan bagi pemiliki konten untuk mendistribusikan buku-bukunya dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengaksesnya.

Founder Moco dan CEO PT. Woolu Aksara Maya Sulasmo Sudharno mengatakan, “Buku-buku tersebut dapat diakses oleh masyarakat secara gratis. Buku-buku ilmiah hasil penelitian para peneliti atau sivitas LIPI ini melengkapi koleksi buku yang sudah ada di Moco dan diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam menambah khazanah keilmuannya melalui buku-buku yang berkualitas, dan dengan cara yang lebih mudah dan sangat terjangkau”.

Dengan kerja sama ini akan semakin melengkapi koleksi buku-buku digital Aksarama. Sebelumnya Aksaramaya sudah terlebih dahulu mengkonversi buku-buku yang masuk kategori bestseller, seperti Ayat-Ayat Cinta atau Ketika Cinta Bertasbih terbitan Penerbit Republika. Selain itu Aksaramaya juga telah melakukan digitalisasi pada buku karya sastra Indonesia yang selama ini tersimpan di Pusat Dokumentasi Sastra H. B. Jassin yang dipublikasi di E-Pustaka.

“Kami sangat terbuka bagi pihak-pihak yang ingin bekerja sama untuk mendistribusikan buku secara digital. Karena di era sekarang ini, digital menjadi salah satu channel yang efektif dan efisien dalam menyebarluaskan dan mempromosikan buku kepada masyarakat luas. Waktu yang digunakan lebih singkat dan biaya produksi lebih hemat,” tutup Sulasmo.

(Ilustrasi: Shutterstock)

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Adjie Priambada. 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…