Akseleran Luncurkan Aplikasi Android, Telah Salurkan Dana Pinjaman Rp115 Miliar

Akseleran Luncurkan Aplikasi Android, Telah Salurkan Dana Pinjaman Rp115 Miliar

Memiliki 250 borrower dan 25 ribu lender
Tim Manajemen Akseleran saat peluncuran aplikasi mobile / Akseleran
Tim Manajemen Akseleran saat peluncuran aplikasi mobile / Akseleran

Platform P2P lending, Akseleran hari ini meluncurkan aplikasi mobil versi Android. Dalam acara temu media, CEO Akseleran Ivan Tambunan mengatakan, sebelumnya Akseleran hanya menawarkan akses dalam versi web based. Untuk versi iOS akan segera diluncurkan pada bulan November 2018 mendatang.

“Bukan hanya meluncurkan aplikasi mobile, kami juga meluncurkan fitur baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna, seperti Auto Investment dengan maksimal investasi sebesar Rp 100 ribu / pinjaman,” kata Ivan.

Hingga kini Akseleran telah menyalurkan dana pinjaman sebesar Rp115 miliar dengan jumlah lender (pemberi pinjaman) sebanyak 25 ribu dan kebanyakan berasal dari kalangan individu dan 3 instansi finansial (Indo Surya, Global Indo dan Andalan) dan jumlah borrower (peminjam) sebanyak 250. Targetnya hingga akhir tahun 2018, Akseleran bisa menambah jumlah borrower hingga 500 dan 42 ribu lender.

Saat ini Akseleran mengklaim mampu menekan nilai NPL menjadi 0,47%.

“Karena fokus kita adalah borrower yang membutuhkan tambahan modal dalam jumlah yang besar, yaitu di atas 50 juta untuk online dan 75 juta untuk konvensional. Jadi kami tidak melakukan akuisisi secara masif borrower untuk saat ini,” kata Ivan.

Akseleran mencatat, kebanyakan borrower yang mengajukan pinjaman di platform Akseleran adalah perusahaan konstruksi, real estate hingga ritel yang melakukan bisnis dalam jumlah besar.

“Ke depannya kita juga memiliki rencana untuk meluncurkan supply chain services yang bisa dimanfaatkan oleh supplier perusahaan besar, seperti Unilever hingga perusahaan BUMN lainnya, sebagai alternatif tambahan modal,” kata Ivan.

Ekspansi layanan di Jawa Tengah

Setelah mendapatkan pendanaan Pra-Seri A bulan Juni 2018 lalu, saat ini Akseleran berencana untuk memperluas wilayah layanan ke Jawa Tengah. Sejak diluncurkan, Akseleran mengklaim telah mendapatkan jumlah lender dan borrower yang cukup besar di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

“Dengan dana yang telah kami kantongi selanjutnya kami akan memperluas wilayah layanan, menambah tim, meluncurkan aplikasi dan melakukan kegiatan pemasaran lebih masif lagi,” kata Ivan.

Untuk mempercepat pertumbuhan bisnis, bulan Desember 2018 ini Akseleran berencana melanjutkan fundraising Seri A senilai $5-10 juta. Saat ini Akseleran sudah melakukan pembicaraan dengan investor asing dan lokal. Jika sesuai dengan target, penggalangan dana tersebut akan diumumkan kuartal pertama tahun 2019.

“Sebelumnya kita sudah mendapatkan funding dari Bintraco Dharma Tbk, perusahaan keluarga di New York, AS, dan beberapa angel investor. Untuk tahapan Seri A masih dalam proses pembicaraan dengan investor lokal dan asing,” kata Ivan.

Selain menambah jumlah lender dan borrower, Akseleran juga masih fokus menjalin kemitraan dengan layanan e-commerce dan startup layanan fintech. Dalam waktu dekat mereka berencana mengumumkan kerja sama dengan Bukalapak, Tanamduit (untuk produk reksa dana), Jurnal, dan Moka.

“Kita juga telah menjalin kolaborasi dengan Kadin dan HIPMI. Dalam waktu dekat kita juga akan melakukan pendekatan dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDP) Koperasi dan UMKM,” kata Ivan.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…